Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9



Lukisan yang diperkirakan berumur 40.000 tahun ditemukan di gua Maros, Sulawesi. Tim ahli dari Australia dan Indonesia melakukan penelitian yang diberitakan pada Majalah “Nature”.

Sebelumnya predikat lukisan gua tertua di dunia dimiliki gua El Castillo di utara Spanyol Eropa, yang diperkirakan berusia 37.300 tahun.

Namun penelitian yang dilakukan tim ahli dari Australia dan Indonesia menemukan lukisan gua yang lebih tua lagi yaitu lukisan stensil tangan di dinding gua Maros Sulawesi Selatan. Lukisan tersebut diduga dibuat oleh penduduk purbakala sekitar 40.000 tahun lalu. 

Tim ahli yang dipimpin oleh Anthony Dosseto dari University of Wollongong, Australia, meneliti tujuh gua di Sulawesi dengan 12 lukisan, yaitu stensil tangan yang digambar dengan warna merah dan gambar binatang babirusa.

Lukisan-lukisan ini sebenarnya sudah ditemukan lebih dari 50 tahun yang lalu. Tapi belum pernah dilakukan penelitian rinci untuk menentukan umurnya. Para ahli sebelumnya beranggapan, lukisan-lukisan semacam itu yang dibuat di kawasan iklim tropis tidak akan bertahan lebih dari 10.000 tahun.

About Elsya Vera Indraswari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top