Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Assiry gombal mukiyo, 29 Maret 2017


Sesungguhnya perjalanan Islam di Indonesia itu sangat tergantung dari perjuangan dakwah Wali Songo. Sejak abad 8 sudah ada pedagang Arab Muslim yang tinggal di Indonesia, pun sejak abad 13 banyak pedagang Cina Muslim yang menyebar di Indonesia. Tapi mereka semua gagal merayu penduduk Indonesia untuk memeluk Islam.

Sampai abad 16 ketika wali songo dengan akulturasi Islamnya mulai mendapatkan simpati dari penduduk Indonesia. Mula-mula dimulai dari Jawa, ketika Jawa sudah memeluk Islam, pulau-pulau lain pun lambat laun mengikuti.

Islam Wali Songo adalah Islam realistis, Islam yang fleksibel terhadap kebudayaan lokal, hanya intisari Islam yang diambil, bukan dimakan beserta ampas-ampas Arabnya. Tentu ada intrik-intrik politik juga bermain dalam penyebaran agama ini, tapi sejarah menunjukkan bahwa keluwesan penyampaian ajaran Islam lah yang menentukan diterimanya Islam sebagai agama mayoritas orang Indonesia.

Puritanisasi Islam Wahabi atau bahkan radikal yang dicoba diperkenalkan di Indonesia adalah anti historis, oleh karena itu amatlah sangat disayangkan. Islam yang akrab dengan wayang, tahlilan, tembang mocopat, dan dinamika manusia Indonesia adalah bagian dari tradisi mengislamkan nusantara. Islam itu bukan Arab, dan Arab tidak selalu Islam. Filterisasi Islam dari ampas-ampas beban sejarah dan budaya yang kemudian disinergikan dengan indah oleh Walisongo dengan budaya baru adalah pemerkaya khasanah Islam dunia. Karena justru mungkin Islam adaptif akulturatif seperti itulah Islam sejati-jatinya Islam.

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top