Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Assiry gombal mukiyo, 5 Januari 2015





Tidak terfikir dan terdetik dihati sedikitpun. Begitu limpahan anugerahnya berdebur dan mengalir tak pernah terhenti hingga tahun 2015 ini. Kado syukur Al Hamdulillah aku bingkis dengan kemesraan kepada Rabb al izzati dari bibir hati yang terdalam, rasa bahagia dan haru campur aduk menjadi satu karena tidak disangka -sangka dipercaya untuk mendekorasi dan membuat Kaligrafi bordir untuk makam Syeikh Al Habib Umar bin Abdurrahman Al Attas Tarim Yaman (shohibu al ijazah Rattib Al Attas).

Beliau dilahirkan di desa Lisk dekat dengan desa Ainat, di bahagian bawah negeri Hadhramaut, di akhir abad ke-10, tepatnya pada tahun 992H. Sejak kecilnya beliau diasuh dan dididik oleh ayah beliau sendiri, al-Habib Abdul Rahman bin Aqil. Meskipun mata beliau buta sejak kecil, tetapi Allah memberinya kecerdasan otak dan pandangan hati ( Bashirah ), sehingga beliau mudah menghafal apa saja yang pernah didengarnya. Ayahnya bernama al-Habib Abdul Rahman bin Aqil.

Ratib Al-Attas yang menjadi amalan zikir rutin di PSKQ Modern yang di bimbing oleh ustaz Mufid, dikarang oleh al-Habib Umar bin Abdurrahman al-Attas dan sekarang telah berusia kira-kira 400 tahun. Ratib yang dimaksudkan di sini berasal dari perkataan (rattaba) berarti mengatur atau menyusun. Ratib adalah sesuatu yang tersusun, teratur dengan rapinya. Ratib al-Attas mengandung zikir, ayat-ayat al-Quran dan doa-doa yang telah disusun oleh al-Habib Umar bin Abdul Rahman al-Attas yang juga dibaca pada waktu-waktu yang tertentu. Istilah Ratib digunakan kebanyakkan di negeri Hadhramaut dalam menyebut zikir-zikir yang biasanya pendek dengan bilangan zikir yang sedikit (seperti 3, 7, 10, 11 dan 40 kali).

Al-Habib Umar bin Abdul Rahman al-Attas dikenal sebagai seorang Alim, Amil, Quthub, Ghauts, seorang tokoh sufi, suci, suka memenuhi janji, Murabbi, Rabbani, Da’i, suka mengajak orang ke jalan Allah dengan pandangan yang bersih dan budi pekerti yang luhur, beliau himpun ilmu lahir dan batin. Beliau dikenal sebagai pelindung kaum fakir dan kaum janda serta anak-anak yatim. Beliau senantiasa menyambut dan menggembirakan orang-orang fakir, mereka dimuliakan dan didudukkan pada tempat yang mulia, sehingga mereka sangat mencintai beliau. Beliau dikenal baik oleh kalangan luas banyak sekali beristiqad dengan beliau, dan mempunyai kedudukan yang sangat tinggi, beliau amat tawadhu’ dan merendahkan dirinya kerana merasa diawasi oleh Allah.

Beliau tidak pernah tidur pada bagian separuh terakhir di malam hari, beliau tidak pernah menghabiskan waktu malamnya kecuali untuk mengulang-ulang bacaan doa Qunut dan mengkhatamkan Al Qur an.
Samudera hikmah, karamah dan kemuliaan yang dinugerahkan Allah kepada Al Habib Umar bin Abdul Rahman adalah Fadhal dari Allah SWT.

Barangkali tangan saya yang penuh berlumur dosa ingin rasanya dibasuh oleh doa dan keberkahanNya melalui karamah Syeikh Abdul Rahman Al Attas. Semoga karya -karyaku torehan kaligrafi di tempat pembaringanmu menjadi doa bagiku atas keberkahan hidup yang semoga Allah fadhalkan kepadaku dari tetesan samudera kemuliaan yang Allah anugerahkan kepadamu Ya Syeikh....ya Quthub ..ya ghauts...ya Murabbi.amiin.

About Elsya Vera Indraswari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top