Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Muhammad Assiry, 25April 2019


BERKAH atau barokah (بركة) adalah salah satu kata --selain salam dan rahmat-- yang terkandung dalam salam Islam --Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Semoga keselamatan, rahmat Allah, dan keberkahan selalu menyertai Anda (kalian).
Kata berkah juga termasuk dalam doa kita kepada yang menikah: baarokalloohu lakuma.... Semoga keberkahan Allah untuk kalian berdua (pasangan pengantin).

Dalam khotbah Jumat, khotib biasanya menutup khutbah pertama dengan ungkapan baarokallohu lii walakum, semoga berkah Allah untukku dan untuk kalian. Demikian pula di akhir khotbah kedua sebelum doa penutup khotbah.
Pengertian Berkah dalam bahasa Arab: barokah(بركة), artinya nikmat (Kamus Al-Munawwir, 1997:78). Istilah lain berkah dalam bahasa Arab adalah mubarak dan tabaruk.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:179), berkah adalah “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia”.
Menurut istilah, berkah (barokah) artinya ziyadatul khair, yakni “bertambahnya kebaikan” (Imam Al-Ghazali, Ensiklopedia Tasawuf, hlm. 79).

Para ulama juga menjelaskan makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah-berkah material dan spiritual, seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak, dan usia.
Dalam Syarah Shahih Muslim karya Imam Nawawi disebutkan, berkah memiliki dua arti:
Tumbuh, berkembang, atau bertambah; Kebaikan yang berkesinambungan. Menurut Imam Nawawi, asal makna berkah ialah “kebaikan yang banyak dan abadi”.

Singkatnya berkah dalam konteks kaligrafi memiliki cakupan makna bukan hanya berlimpahnya kebaikan dan kemanfaatan tetapi juga berlimpahnya materi yang didadapatkan dari hasil kaligrafi baik bonus MTQ, hadiah Lomba kaligrafi pada belbagai even Nasional/ Internasional atau dari hasil proyek-proyek kaligrafi di ratusan Masjid yang didapatkan oleh CV.Assiry Art misalnya. Semuanya sudah Allah takar sesuai ukuran dan kadar dari wadah kita masing-masing. Intinya jangan takut dan berkecil hati jika saat ini sahabat sekalian masih dalam proses belajar. Teruslah belajar jangan pernah surut dan menyerah sebelum ilmu-ilmu kaligrafi Al Quran belum kita genggam. Kesuksesan dan keberkahan niscaya kita raih.
Kunci sukses dan berkah kaligrafi menurut guru saya Ustaz H.Isep Misbah adalah Ketekunan, kecerdasan, tama' dalam menggali ilmu, kesungguhan, rupiah, dan suhbatul ustadz ( kedekatan/hubungan baik antara guru dan murid). Itu semua jadi modal utama dalam penggalian potensi diri dan pengembangan kompetensi hingga kesuksesan dan keberkahan bisa direngkuh. 
Semoga dalam keseharian kita "mendapatkan berkah", atau jika belum hendaklah bermaksud mencari kebaikan atau tambahan kebaikan, baik kebaikan berupa bertambahnya harta, rezeki, maupun berupa kesehatan, ilmu, dan amal kebaikan (pahala). Semoga selalu dimudahkan Allah, Amiiin.

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top