Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Inspirasi, 06 Maret 2016


Seni kreatif melukis kaligrafi untuk interior  dan eksterior  kubah masjid tidak bisa dilakukan sembarang orang. Keterampilan ini membutuhkan keahlian khusus seni kaligrafi, memahat, dan  lihai dalam pemasangannya. Bukan hanya itu,  ornamen yang ditorehkan tentunya dengan teknik lukis menggunakan kuas dan cat bermutu. Tarif jasa ini tidak murah, sebab sarat buatan tangan.

Tulisan, lukisan maupun pahatan artistik yang menekankan pada keindahan bentuk-bentuk huruf atau  kaligrafi, umumnya dikaitkan dengan budaya Islam. Kaligrafi Islam banyak ditemukan dalam berbagai bentuk di berbagai tempat seperti masjid, mushollah atau sebagai hiasan ruangan. Sebut saja kaligrafi kubah, kaligrafi dinding, kaligrafi ukir kayu, maupun kaligrafi timbul dari berbagai ornamen.

Dalam pembuatannya, tentu tidak semua orang bisa melakukannya. Perlu tenaga ahli dan terampil untuk mewujudkan karya kaligrafi yang indah dan sesuai konsep arsitektur yang diinginkan.  Bisnis ini cukup potensial, karena Indonesia mayoritas muslim. Tentunya selalu ada pembangunan masjid.

Divani Islamic Calligraphy salah satunya.  Spesialis mereka dibidang pembuatan kaligrafi islami ini melayani pembuatan dekorasi kaligrafi dan lukisan awan realis untuk kubah masjid. Tulisan kaligrafi berikut ornamen ditorehkan secara manual langsung pada interior atau eksterior kubah dengan teknik lukis bermutu.

Ditangani pula para seniman kaligrafi profesional dan berpengalaman, serta berprestasi diberbagai ajang perlombaan kaligrafi nasional dan ASEAN. Berlatarbelakang pendidikan pesantren dan perguruan tinggi Islam, serta sekolah tinggi seni terkemuka di Indonesia. Kategori desain sederhana dan tingkat menengah, mulai Rp600.000 per meter. Harga tergantung tingkat kesulitan.

Muhammad Assiry Jasiri, pemilik CV Assiry Art menawarkan jasa penyedia desain interior dan atap masjid bergaya Timur Tengah. Tahap awal, pria asal Kudus ini menentukan desain berdasarkan konsep yang diinginkan klien lewat software Photoshop. Dari situ dibuatkan sketsa dengan desain pesanan yang dipadu-padankan dengan warna.

Target pengerjaan dua minggu, hingga tiga minggu tergantung kerumitan, besarnya diameter kubah atau atap masjid. Ada dua jenis yang ditawarkan, yaitu konsep di lukis kaligrafi pada atap atau pahat menggunakan media kayu atau semen lalu di tempel di atap.

Untuk teknik pahat, masa pengerjaan lebih lama, tiga minggu hingga satu bulan. Memakai pahat kayu akan terlihat lebih indah. Karena ornamen desain akan terlihat menonjol dan warna akan lebih terlihat.

Selain pahat dan lukis kaligrafi kubah masjid, Assiry juga membuat kaligrafi dinding masjid, kaligrafi timbul dari berbagai bahan seperti kuningan dan stainless steel. Juga menawarkan jasa cat airbrush dekoratif dan juga karya lukis realis di kanvas.

Dari berbagai jasa yang ditawarkan, sudah hampir ratusan masjid dari berbagai kota yang mendapat sentuhan karya seni dari tangan Assiry dan karyawannya yang kini berjumlah 200 orang. Lewat gerainya di Kudus dan toko online assirykaligrafi.com, Assiry mendapat pelanggan dari Jabodetabek hingga Palembang dan Papua.

Pengerjaan untuk satu masjid kecil di perlukan lima pekerja. Sementara untuk masjid besar hingga 30 orang. Omzet ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah per bulan.

Sementara itu, Sugiharto-pengusaha kubah masjid asal Pati, Jawa Tengah, lewat bendera usaha PT Mustaka Multi Teknik memproduksi kubah stainless steel, kubah dekoratif warna, kubah panel warna, dan kubah enamel warna. Di dalam kubah dekoratif warna misalnya, berisi teknik 100% lukisan motif maupun kaligrafi dengan disertai efek timbul.

Tingkat kesulitan pembuatan kubah maupun ornamen kaligrafi tergantung bentuk kubah dan landasannya, serta pemilihan dekorasi maupun banyaknya unsur kaligrafi. Kubah dekoratif warna dapat dikombinasikan dengan plafon dekoratif dengan teknik lukis, pelapisan dengan powder coating dan material yang sama. Sehingga akan mendapatkan kombinasi yang indah antara kubah luar dan kubah dalam.

Harga jasa pembuatan kubah dan ornamen kaligrafi di tempatnya cukup bervariasi, mulai dari Rp 100.000 hingga puluhan juta rupiah. Pihaknya bisa membuat produk kubah sederhana hingga mewah. Sebulan, Mustaka dapat menghasilkan sekitar 20 kubah dengan omzet Rp 300 juta-Rp 400 juta.

Mustaka Multi telah memproduksi berbagai kubah untuk puluhan ribu masjid dan musala. Sebut saja diantaranya Masjid Jami’atul Iman di Palembang, Masjid Indah At-Taqwa di Jambi, Masjid Jami Nurul Taqwa Campalagian di Sulawesi Barat dan lainnya.

Jika klien ada permintaan desain sendiri, biasanya mereka memberikan contoh baik dalam draw sheet maupun konsep visual 3D yang dikirim melalui email. Setelah itu tim akan menentukan desain produk kubah berdasarkan rekomendasi klien, diameter bawah atau landasan, diameter tengah, model kubah, material yang diinginkan.

Sugiharto akan mengirimkan penawaran harga beserta rencana gambar kerja akhir, prosedur mengenai detail proyek dan mekanisme pembuatan. Produk mereka memiliki garansi kebocoran hingga dua tahun. (bs-din)

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top