Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 15 Oktober 2018




Mukhtar Alim Syaqdar adalah penulis kaligrafi resmi untuk kain penutup Ka'bah atau kiswah. Dia menggantikan pendahulunya, Abdurrahim Bukhari, wafat di umur 90 tahun pada 1996.
Syaqdar bergabung dengan Sekolah Kaligrafi Masjid Al-Haram pada 1978 dan belajar menulis kaligrafi selama dua tahun. Ketika itu, dia masih kelas empat sekolah dasar.
Setelah memperoleh gelar sarjana di jurusan pendidikan seni, Syaqdar mengajar kaligrafi di berbagai kampus, termasuk Universitas Ummul Qura di Kota Makkah.
Dia pemegang gelar magister kaligrafi dan kini mengajar Al-Quran di Masjid Al-Haram. Dia dikenal sebagai master kaligrafi Arab di Makkah.
Syaqdar mulai bergabung di pabrik pembuatan kiswah pada 2003. Dia memperkenalkan gagasan untuk menggunakan komputer dalam mencetak kaligrafi.
Dia bilang semua seni kaligrafi terdapat di kiswah saat ini merupakan karya mendiang Bukhari. "Saya hanya membikin perubahan sedikit dan menulis nama Raja Abdullah dan Raja Salman," kata Syaqdar. "Saya juga menambahkan beberapa seni kaligrafi ke sejumlah bagian dari kiswah."
Sebagian orang mengira teks Quran di kiswah ditulis ulang saban tahun, padahal pabrik sudah memiliki cetakannya.
Ada beberapa tahapan dalan mencetak kaligrafi di kiswah. Pertama, teks kaligrafi ditulis di sehelai kertas, kemudian diproses menggunakan komputer. Teks telah diproses dicetak di atas kertas transparan, dibuat untuk membikin cetakan.
Cetakan kaligrafi itulah dikirim ke bagian penjahitan dan tulisan kaligrafi dalam cetakan itu dijahit menggunakan benang emas dan perak.
Semoga kelak kader Pskq Modern Kudus Jateng yang akan meneruskan tradisi menulis kaligrafi di Kiswah ka'bah ini. Paling tidak memberikan kontribusi positif untuk kaligrafi bagi dunia islam.

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top