Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

 PSKQ Modern Kudus, 18 November 2020



Ilustrasi: 

- Ustaz Muallimin saat menerima penghargaan juara kaligrafi nasional Depag & PERKAZI 2017.

- Ustaz Nukman liputan Radar Kudus, Jawa Pos setelah juara kaligrafi internasional di Malaysia TIAFF 2014.

- Ustaz Huda Purnawadi Saat nyantri di PSKQ dan membantu pemasangan Kaligrafi timbul kuningan, di Masjid Baitul Muttaqin, Kelopo sepuluh, Sidoarjo 2014.



Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-28 yang mulai digelar Sabtu (14/11/2020) tadi malam dengan acara pembukaan berjalan lancar di Stadion Utama Sumbar, Sikabu, Padang Pariaman, Jumat (13/11/2020) malam. Dan pada hari ini penampilan perdana lomba kaligrafi nasional cab. Naskhah di mulai.


Yang menarik dari perlombaan kaligrafi kali ini adalah ada 3 Master Kaligrafi kader PSKQ Modern yang tampil yakni Ustaz Muallimin Demak mewakili Banten, Ustaz Huda Purnawadi mewakili Jateng, dan ustaz Nukman mewakili Aceh beradu dan bersaing dalam ajang lomba kaligrafi yang sama yaitu cab. Naskhah ( hitam putih).

Sekilas sejarah mereka bertiga saat memulai berkecimpung du dunia kaligrafi. Mereka bertemu dan belajar bareng satu kamar, bahkan tidurpun sekamar di kamar yang sempit beralas tikar pandan, Asrama Gedung Pena timur ( Mbah Hj.Kadarsih) PSKQ Modern 2014. Saat itu berbarengan dengan Ustaz nukman yang berhasil juara lomba kaligrafi internasional di Malaysia TIAFF 2014.

Sedangkan Ustaz Huda Purnawadi dan Ustaz Muallimin waktu itu belum bagus kaligrafinya dan baru sampai pada materi menulis kaligrafi dengan media kaca lampu untuk standar meniru dan jiplak karya master untuk persiapan lomba kaligrafi ASEAN dan Internasional ke depan. Beberapa waktu juga Ustaz Nukman yang sudah Juara Kaligrafi Internasional urutan ke 6 di Malaysia TIAFF juga ikut membimbing Ustaz Huda Purnawadi dan Ustaz Muallimin yang pada waktu itu masih buta kaidah khath standar internasional.

Secara senioritas di PSKQ Modern, Ustaz Nukman lebih Senior. Ia masuk di PSKQ Modern th angkatan 2009 sampai 2017, sedangkan Ustaz Muallimin masuk PSKQ Modern th.2012 sampai sekarang sedangkan Ustaz Huda Purnawadi masuk PSKQ Modern th.2014, itupun setelah sebelumnya saya mengadakan pelatihan rutin kaligrafi setiap bulan selama setahun full pada th.2013 di Pesantren Quran asuhan KH.Nur Faqih Pati, Jateng bersama 3 kawan lainnya yang saya ajari kaligrafi yaitu Ustaz Miftahul Huda, Ustaz Hamzah dan Ustaz Khalis Fuad Al Hafidz. 

Perjalanan dan perjuangan mereka penuh lika liku hingga berada di posisi sekarang. Segala perjuangan seseorang akan dibalas sesuai dengan jerih payah yang mereka lalui. Kali ini mereka bertiga yakni Ustaz Nukman, Ustaz Muallimin dan Ustaz Huda Purnawadi bertemu dalam ajang musabaqah Khath Al Quran tingkat nasional di Sumbar, Padang pada cab. Khath Naskhah ( 15 Nopember 2020).

Bertanding dalam satu pertandingan yang sama tentunya menjadikan kita untuk sulit membayangkan bagaimana dasyat dan keseruannya hasil karya mereka bertiga nantinya.

Secara teknis, lomba kaligrafi Nasional berbeda dengan lomba kaligrafi ASEAN atau Internasional. Lomba nasional dilakukan live dan on the sport, sedangkan lomba kaligrafi ASEAN dan Internasional yang menggunakan sistem pengiriman karya.

Semoga mereka bisa mengkadokan karya terbaiknya untuk Kanjeng Nabi Muhammad SAW atas ridho Allah semata, Amiiin.

______


About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top