Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

 PSKQ Modern, 10 September 2018


Sulthan didampingi adiknya Ghama saat workshop kaligrafi di Cilacap

Pembelajaran khat Arab untuk anak sekolah dasar bisa dikelompokkan berdasarkan tingkatan kelasnya, untuk kelas satu dan dua, belum pas rasanya jika seorang pendidik menitik beratkan kepada kaidah imlaiyyah dan insya`, mengingat usia mereka yang masih sangat dini dan keterbatasan kemampuan mereka dalam hal membaca dan menulis aksara Arab tersebut.

Sebelum masuk kepada kitabah imlaiyyah tentu saja mereka harus melalui terlebih dahulu tahapan - tahapan belajar kaidah khattiyyah, bagaimana mungkin seseorang tersebut bisa mengarang dengan baik dan benar sementara mereka belum mampu untuk menulis atau mencipta tulisan Arab, jangankan tulisan Arab, tulisan Latin saja mungkin belum sempurna betuknya. Apalagi anak - anak sekolah dasar kelas satu dan dua ini masih terkenal dengan dunia bermain mereka, belum bisa diajak fokus untuk belajar layaknya orang dewasa, setiap apa yang akan diajarkan biasanya guru harus lebih kreatif untuk menciptakan suasana belajar sambil bermain supaya mereka betah, tidak bosan dan tidak jenuh dalam menggeluti pelajaran tersebut. Strategi pembelajaran Kaligrafi yang harus dipertimbangkan oleh guru adalah dengan melihat kondisi rill di kelasnya atau melihat tingkatan kelas anak tersebut. 

Langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan oleh guru adalah:

1. Diawali dengan memberikan lembaran - lembaran huruf hijaiyyah yang diberi ruang di tengahnya untuk diwarnai, beberapa kali diulang-ulang sambil memperkenalkan huruf-huruf hijaiyyah tersebut kepada siswa. Dimaksudkan agar siswa merasa asik dalam belajar sambil sedikit demi sedikit memasukkan teori-teori penulisan kaligrafi, menerangkan huruf yang terletak di atas garis dan separoh di atas garis kemudian separohnya lagi di bawah garis seperti huruf ‘ain, ghain, jim, ha, kha dan lain-lain.

2. Pada siswa kelas II dilanjutkan dengan menyambung-nyambungkan huruf hijaiyyah, bisa dengan membuat titik-titik kemudian menyuruh mereka menyambungnya menjadi satu kata utuh, atau membuat huruf-huruf tunggal kemudian menyuruh mereka merangkainya.

Ghama dan teman-teman nampak asyik menggores kaligrafi diatas kanvas

3.Pembelajaran Khat Arab untuk kelas III dan IV Setelah terlewati langkah pertama di atas, untuk kelas III bisa dilanjutkan dengan guru mencontohkan huruf-huruf hijaiyyah di papan tulis dengan menitikberatkan kepada kaidah - kaidah khattiyyah yang baik dan indah, biasanya khat yang dipakai adalah jenis khat naskhi, yang merupakan jenis khat dasar dalam belajar kaligrafi, ciri-cirinya bentuk tulisannya jelas, mudah dibaca dan biasanya lengkap dengan harkat harkatnya, atau seperti tulisan yang dipakai dalam penulisan al-Quran.

Selanjutnya dilanjutkan dengan mengajarkan huruf awal, tengah dan akhir, sampai terciptalah suatu kata yg sudah bagus dipandang dan mempunyai makna, tidak lagi huruf - huruf tunggal seperti sebelumnya, begitu seterusnya diulang-ulang dalam latihan menuliskan kata-kata.

4. Pembelajaran Khat Arab untuk kelas V dan VI SD Untuk kelas V dan VI SD siswa sudah bisa diajarkan kaidah khat naskhi yang baik dan benar, dengan memperhatihan kaidah khattiyyah yang benar sesuai dengan kaidah-kaidah khat naskhi yang ada, dengan berpedoman kepada tulisan guru di papan tulis dan buku-buku panduan menulis kaligrafi yang banyak beredar, dengan selalu memberikan mereka latihan-latihan mencontoh tulisan master, dan latihan-latihan membuat kalimat baik itu ayat al-Quran, Hadis Nabi SAW, peribahasa Arab dan bisa juga dengan menyuruh mereka menulis nama mereka dan anggota keluarga dengan tulisan Arab yang telah dipelajari tersebut.

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Keren ustazd solusi dan langkah2nya... mudahan bisa saya praktekan buat anak saya..

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top