Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 05 September 2018





Baik kaligrafi Klasik, kontemporer, maupun kaligrafi Modern semuanya diajarkan di PSKQ Modern (Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi Al Qur’an) Kudus Jateng. PSKQ Modern adalah Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi Al Qur’an pertama yang didirikan oleh seorang kaligrafer Kudus, Muhammad Assiry. Pesantren ini memiliki motto menyebarkan dan membumikan kaligrafi dimanapun berada.

Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi Al-Quran (PSKQ Modern) Kudus merupakan pondok pesantren modern yang memberikan pendidikan fokus dibidang seni murni (fine art), dan seni kaligrafi. Dalam perkembangannya, PSKQ Modern tidak hanya memberikan pendidikan di bidang kaligrafi saja, namun melingkupi pendidikan seni visual. Hal ini yang membuat PSKQ Modern berbeda dengan pesantren kaligrafi lainnya di Indonesia. Materi ajar yang di fokuskan di PSKQ Modern Antara lain:
  • Seni kaligrafi dekorasi, naskhah dan mushaf (MTQ)
  • Seni kaligrafi masjid (Interior dan Eksterior)
  • Seni lukis
  • Seni pahat-ukir
  • Seni patung
  • Seni airbrus
  • Seni kriya (kaligrafi kuningan, stainless, sun glass)
  • Seni 3 dimensi
  • Seni batik kaligrafi
  • Pembinaan MTQ Kaligrafi
  • Tilawatil Quran / llmu Nagham
  • Kajian Kitab Kuning /Salafi
  • Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai komunikasi wajib
  • Enterpreneurship/Kewirausahaan dibidang Pengelolaan Resto dan Sawah
Pesantren ini lahir sebagai wadah untuk menampung semua potensi baik kaligrafi maupun Seni Rupa yang sangat marak berkembang. Latar belakang berdirinya PSKQ Modern ini berawal dari banyaknya peserta didik yang tidak hanya ingin belajar kaligrafi murni tapi juga bisa menguasai seni lukis dan ketrampilan lain.
PSKQ Modern merupakan pondok pesantren seni satu-satunya dan pertama kali di Indonesia bahkan di Asia Tenggara yang menggabungkan seni murni dan kaligrafi sebagai model pembelajaran dalam kurikulumnya. Sehingga dalam proses belajar, siswa dapat menerima materi pelajaran lebih sistematis, efektif dan efisien.
 Terbukti banyak lulusan atau peserta didik PSKQ Modern yang memenangkan kejuaran kaligrafi baik tingkat propinsi, nasional, bahkan tingkat ASEAN dan juga Internasional, serta menjadi pengusaha sukses kaligrafi. Sebut saja Muhammad Rifqi Nasrullah dari Ponorogo Jawa Timur (Tahun 2008-2012),  juara I kaligrafi tingkat Nasional di Ambon dan Juara Internasional di Malaysia tahun 2012 saat masih belajar di PSKQ Modern.

 Juga santri dari Aceh yang bernama Nukman Al Farisy (Tahun 2009-sekarang) yang menjuarai kaligrafi tingkat Internasional 3 tahun berturut-turut mulai Tahun 2012, 2013, 2014, alumni santri PSKQ Modern banyak yang menjadi enterpreneur atau pengusaha dan mendirikan perusahaan jasa kaligrafi masjid, seperti Ghaza Art yang didirikan oleh Muhammad Hamzah, santri PSKQ Modern angkatan 2007-2009. An Nasr Art yang didirikan oleh Rifa'i Al Madany, dan lain sebagainya.
Ustadz Mu’allimin Juara Kaligrafi Nasional Perkazi 2017
Jika ada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merupakan salah satu jenjang pendidikan menengah yang bertujuan mempersiapkan lulusannya bisa langsung bekerja. Maka PSKQ Modern adalah Pesantren Kejuruan yang memberikan bekal keahlian peserta didiknya/Santri memilki keahlian dan keterampilan dibidang Seni Kaligrafi dan Seni Rupa Islam Modern.

Hal ini sesuai dengan isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pasal 3 mengenai tujuan pendidikan nasional dan penjelasan pasal 15 yang menjelaskan tentang pendidikan kejuruan adalah program pendidikan yang mempersiapkan peserta didik/Santri terutama untuk bekerja di bidang tertentu.
Seperti program yang sudah berjalan, setiap Santri PSKQ Modern diberi bekal tentang ilmu agama yang menjadi pupuk dan pondasi utama agar memiliki akhlaq yang lebih baik.
Santri PSKQ di Ramadhan Market Grand Hyatt Jakarta
Santri-Santri PSKQ Modern diberikan wawasan dan pengetahuan yang luas dengan mempelajari banyak buku dan referensi secara rutin juga didorong dan dilatih agar bisa berwirausaha (memiliki jiwa enterpreneurship) atau kewirausahaan seperti usaha mandiri dengan berkarya Seni dan lainnya atau membuka usaha kuliner seperti Arjuna Resto sebagai usaha mandiri PSKQ Modern. 

Santri PSKQ Modern juga senantiasa dibekali landasan (basic) berupa pelatihan kerja atau biasa disebut dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) atau PPL (Pesantren Paktek Lapangan) misalnya dengan mengerjakan berbagai pekerjaan Kaligrafi atau Seni Rupa dimanapun lokasinya berada melalui CV. Assiry Art.

Sehingga lulusan Santri PSKQ Modern bukan menjadi pengangguran atau mencari pekerjaan tetapi justru Santri-Santri PSKQ Modern itu mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sehingga bisa memberi manfaat untuk lingkungan di sekitarnya.

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top