Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 06 September 2018



·         PERSIAPAN AWAL

1. Tekad dan kesungguhan
Dalam kaligrafi, bakat hanya menyumbangkan sedikit peranan dalam kesuksesan belajar kaligrafi karena sesungguhnya  yang memegang peranan penting disini adalah tekad, kesungguhan serta kesabaran. 
2.Ilmu pendukung
       Ilmu yang bisa menunjang dalam pembelajaran kaligrafi adalah ilmu seputar kajian Al-Qur’an dan bahasa Arab serta cabang-cabangnya.
     3. Guru atau Buku Panduan
       Guru yang kompeten dibidang kaligrafi sangat dibutuhkan disini. Sebagai motivator maupun pihak yang bisa memberikan koreksian atas karya yang  telah dibuat. Sedangkan buku panduan juga amat sangat penting untuk mengetahui kaidah-kaidah yang benar yang berlaku ketika menggores khat karena tiap khat memiliki kaidah yang berbeda-beda.

  4. Alat Tulis
       Beberapa alat tulis yang dibutuhkan yaitu tinta atau cat yang bagus, pena atau kalam, kemudian kertas atau media lain. 
·         KIAT BELAJAR KALIGRAFI

1. Konsisten
        Konsisten disini diartikan sebagai konsisten dalam belajar juga dalam memegang pena.

2. Kontinue/berkelanjutan
        Berkelanjutan yang dimaksud disini adalah harus dilakukan secara rutin dan terus menerus untuk menghindari kaku pada tangan apabila tidak melatih tangan dalam waktu lama. Khususnya jika anda masih seorang pemula, inkontinuitas adalah penyebab terbesar kegagalan dalam mepelajari kaligrafi arab untuk pemula.

3. Evaluasi
        Lakukan evaluasi pada setiap tulisan yang telah anda kerjakan untuk menilai seberapa besar progres yang telah anda capai. Perlihatkan hasil belajar anda kepada orang-orang yang dipandang mampu untuk memberikan penilaian, koreksi, dan masukan kepada karya-karya anda.









About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top