Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 28 April 2017


Pembelajaran kaligrafi akan sangat asyik dan tidak membosankan jika diiringi dengan kegiatan penunjang yang dapat mendorong minat belajar dan motivasi santri untuk lebih giat dalam memperdalam kaligrafi dan Seni Rupa terapan. Selain itu kegiatan penunjang akan menambah wawasan kaligrafi dan pengalaman baru kepada para santri mengolah ragam bahan dan bentuk -bentuk Seni terapan yang dibutuhkan Masyarakat.

Kegiatan-kegiatan penunjang Keterampilan kaligrafi dan Seni Rupa terapan di PSKQ Modern diantaranya adalah:

Kaligrafi Masjid, Pameran Kaligrafi, Lomba Kaligrafi, Forum diskusi kaligrafi, rekreasi seni dan Entrepreneur/ kewirausahaan.

1. Mendekorasi Kaligrafi Masjid
Kaligrafi masjid atau mendekorasi ruang dan interior juga eksterior Masjid sebagai kegiatan penunjang bagi santri setelah belajar kaligrafi di kelas. Kegiatan ini dilakukan lebih mendalam oleh Santri -Santri PSKQ Modern yang sudah melewati proses belajar 1 th di PSKQ Modern. Di kelas pembelajaran kaligrafi hanya seputar pendalaman kaidah kaligrafi dan persiapan lomba baik tingkat Nasional maupun Internasional tetapi di luar kelas atau di Masjid Santri dapat meningkatkan kepada pembelajarn kaligrafi di berbagai media.

2. Sering Pameran kaligrafi
Pameran kaligrafi merupakan salah satu cara Santri PSKQ Modern untuk mengemukakan ide yang tertuang dalam karya kepada khalayak ramai. Tujuan dari pameran kaligrafi adalah untuk mendapatkan tanggapan dan penilaian terhadap karya yang dipamerkan. Selain itu pameran kaligrafi juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk menjual atau melelang karya sekaligus.

Bagi para santri PSKQ Modern sendiri pameran mengandung makna yang strategis untuk memperkenalkan diri kepada publik. Karena bisa dikatakan popularitas seorang kaligrafer sangat ditentukan dari banyaknya karya yang telah dibuat. Program pameran ini biasanya diselenggarakan setiap tahun pameran bersama Santri -Santri PSKQ Modern dan karya Asatidz PSKQ Modern.

3. Aktif mengikuti Lomba kaligrafi
Lomba kaligrafi merupakan wahana latihan untuk meningkatkan kualitas karya kaligrafi santri-Santri PSKQ Modern. Dan juga menjadi motivasi mereka untuk terus berlatih. Lomba kaligrafi dapat di lakukan dengan dua cara yaitu:
a. Menyelenggarakan sendiri lomba kaligrafi, baik secara individu yang disebut try out karya untuk melatih ketepatan waktu dalam perlombaan MTQ.
b. Melibatkan dan terus mendorong Santri-Santri PSKQ Modern untuk ikut lomba kaligrafi diluar pesantren, seperti lomba pada hari besar, lomba yang diadakan sekolah lain, Pospenas, MTQ dan lomba-lomba kaligrafi bergengsi tingkat Nasional, Internasional dan lain-lain.

4. Forum diskusi /Workshop kaligrafi
Forum diskusi kaligrafi adalah sebuah forum diskusi yang membicarakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kaligrafi, baik tentang cara belajar, lomba bahkan untuk karya-karya kaligrafi model baru. Diskusi ini dapat diadakan berkala seperti mingguan, bulanan, triwulan ataupun semester. Peserta diskusi ini pun selaian diikuti oleh para santri dapat pula melibatkan kaligrafer dari luar pesantren.

Diskusi-diskusi kaligrafi atau Workshop Kaligrafi yang diselenggarakan PSKQ Modern terus berkembang, bahkan hingga saat ini beberapa Kampus seperti UIN Suka Jogya, UIn Walisongo, IAIN Surakarta, IAIN Cirebon dan beberapa Pesantren yang tersebar di beberapa titik di Jawa Tengah ikut mendapuk PSKQ Modern dan bekerjasama dalam upaya pengkaderan kaligrafi secara rutin bulanan.

5. Rekreasi seni/Wisata Seni
Rekreasi seni berguna untuk menyegarkan kembali semangat para santri PSKQ Modern sehingga memotivasi para santri untuk lebih meningkatkan karya kaligrafinya. Rekreasi seni ini dapat memilih hari-hari libur baik liburan mingguan maupun liburan semester. Adapaun bentuk rekreasi seni ini yang biasanya dilakukan oleh para Santri PSKQ Modern sebagai berikut:
a. Melukis di alam terbuka seperti pantai Bandengan Jepara atau pegunungan Colo Muria Kudus.
b. Menggelar demonstrasi Kaligrafi dan Reni Rupa di tempat umum atau ajang pameran.
c. Mengunjungi pameran seni.
d. Mengunjungi para tokoh kaligrafi dan Perupa sehingga dapat berdialog dan sekaligus dapat melihat karya-karyanya.

6. Entrepreneur (Kewirausahaan).
Yang termasuk dalam kegiatan kewirausahaan adalah pemasaran hasil karya kaligrafi, baik melalui galeri maupun pameran. Selain berkarya kaligrafi Santri-Santri PSKQ Modern juga dapat menerima pesanan kaligrafi, baik itu pesanan kaligrafi media kertas atau kanvas, kuningan, GRC, Kayu bahkan pesanan penulisan kaligrafi dinding dan kubah melalui online maupun offline. Terbukti karya -Karya Santri PSKQ Modern yang tergabung dalam CV.Assiry Art tersebar hampir diseluruh pelosok nusantara.

PSKQ Modern & CV.Assiry Art terus menebarkan virus-virus kaligrafi yang meneduhkan jiwa.
www.pesantrenkaligrafipskq.com, www.assirykaligrafimasjid.com, www.pskqmodern.com

Illustrasi:Tampak salah satu Kaddr Assiry Art fokus finishing touch kaligrafi timbul ukir dengan bahan MDF untuk pesanan kaligrafi di Masjid Ulul Azmi kampus C UNAIR Surabaya.

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top