Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Assiry gombal mukiyo, 09 November 2016



Tidak sedikit yang bertanya kepada saya baik secara langsung maupun lewat inbok maupun sms dan telephon. Pertanyaan mereka adalah berkaitan dengan ritual puasa Santri -Santri maupun alumni PSKQ Modern turun -temurun yang berpuasa sunnah tahunan.

Sebenarnya saya tidak memilki kapasitas untuk menjawabnya apalagi kok nekat memberikan ijazah bagi yang ingin berpuasa Dalail. Alasannya ya karena saya bukan Shahibul Ijazah Puasa Dalail meskipun saya sudah khatam berkali -kali dan mendapat sanad langsung dari Guru saya Syeikh KH.Ahmad Basyir Jekulo, Kudus Jawa Tengah. Saya takut suul adab karena ta'dzim saya kepada putra-putra/ keturunan Syeikh KH. Ahmad Basyir almarhum yang sudah diberikan wasiat untuk meneruskan ijazah Dalail tersebut, sehingga satu kalipun saya belum pernah memberikan ijazah kepada siapapun yang meminta ijazah Puasa Dalail kepada saya. Biasanya saya sarankan untuk langsung ke Pusatnya di Pondok Pesantren Darul Falah Syeikh KH.Ahmad Basyir, Jekulo Kudus Jawa Tengah.

Puasa Dalail itu bukan puasa untuk kesaktian, kekebalan atau untuk tujuan dunia semata tetapi untuk beribadah dan mencari keridhaan Allah. Atau kalau Santri -Santri PSKQ Modern yang menjalankan puasa dalail Quran atau Dalail Sholawat bukan untuk mencari kejuaraan dalam Lomba Kaligrafi MTQ dan semacamnya atau biar bisa ampuh/sakti. Semata -mata karena berharap ridho Allah untuk mendapatkan keberkahan ilmu, agar hidup dengan ilmu yang berkah juga mengantarkan kebahagiaan yang semoga diridhai oleh Allah. Amiin.

Saya jelaskan sekelumit tentang Puasa Dalail Quran dan Sholawat yang menjadi ritual turun -temurun Santri-Santri PSKQ Modern Kudus Jawa Tengah ( www.pesantrenkaligrafipskq.com)

Puasa Dalail itu adalah puasa yang dilakukan dalam hitungan Tahun full dan terus menerus tidak boleh ada yang kosong/bolong kecuali hari- hari dimana dilarang puasa (Idul Fitri 1 syawal, Idul Adha 10 dzulhijjah, hari tasyrik 11, 12, 13 dzulhijjah). Jika batal pada salah satu hari maka harus mengulanginya kembali dari awal. Jika puasa dimulai awal Muharrom maka berakhir di akhir dzulhijjah.

Puasa dalail juga ada rule dan mesti menggunakan Ijazah dari kyai, kalau di kudus yang masyhur adalah Almarhum Guru saya Syeikh KH. Ahmad Basyir almarhum. Biasanya sebelum puasa dalail dimulai biasanya dimulai dengan puasa nyirih (Puasa yang dilakukan dengan meninggalkan makanan yang bernyawa) selama tujuh hari.

Puasa dalail terbagi menjadi dua bagian ada dalail Qur'an dan dalail Khoirot yang membedakan waktu yang ditempuh serta baca'annya, jika dalail Qur'an waktu tempuhnya setahun dan baca'an yang di baca setiap hari sebagai wiridan adalah Al Qur'an (1 Juz perhari). Jika dalail Khoirot waktu tempuhnya adalah 3 Tahun dan baca'an yang di baca adalah Sholawat dalail Khoirot karangan Syech abi Abdillah Muhammad ibn sulaiman Al-Jazuli.

Saya tidak pernah mewajibkan Puasa Dalail Quran maupun Dalail Sholawat bagi Santri -Santri PSKQ Modern, tetapi mereka yang dengan sukarela ingin tirakat dan bertarekat dengan puasa tersebut. Sebenarnya bagus dijalankan bagi yang ingin hafidz Quran atau yang ingin bacaan Al Qurannya lancar karena setiap hari pengamal Puasa Dalail Quran dianjurkan mendawamkan membaca Al Quran setiap hari 1 Juz, sehingga dalam sebulan bisa mengkhatamkan Al Quran 30 juz.

Dalam pandangan saya mengenai hukumnya puasa dalail adalah Mubah (boleh boleh saja), karena dilakukan di luar hari yang di haramkan puasa. dan baca'an wirid yang dibaca juga adalah Al Qur'an, Sholawat dalail khoirot (yang juga bersumber dari Al-qur'an dan Hadist).  Jadi yakinlah dalam melakukan puasa dalail ini, abaikan jika ada sebagian orang yang bilang bid'ah tentang ini.

Dalam beberapa kesempatan Guru saya Syeikh KH. Ahmad Basyir acapkali menyampaikan bahwa Dalail Khairat merupakan salah satu ritual yang “manjur”untuk mendapatkan kemuliaan esok hari.”ENOME TIRAKAT TUWANE NEMU DERAJAT (Saat muda bertirakat, dihari tua mendapat derajat), demikian nasehat beliau kepada ribuan santrinya. Nasehat khas beliau yang lain seperti ”DIKEBUK DALAILE, MAQBUL HAJATE” (Wirid dalailnya rutin, insya Allah hajatnya akan terpenuhi).

Rasulullah Muhammad SAW memang telah mewanti -wanti, jika seorang diantara umatnya mengalami kesulitan, maka pintu keluar kesulitan itu adalah shalawat.
”Barang siapa mengalami kesulitan hajat maka bershalawatlah atasku”(Al-hadits).

Rasulullah pernah didatangi oleh empat malaikat, yakni, Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail. Dalam pertemuan itu Jibril berkata: ”Barang siapa yang mambaca shalawat sepuluh kali, maka aku akan menuntunya dan menggendongnya saat shirot al Mustaqim nanti.”

Lalu berkata pula Mikail: ”Aku akan memberinya minum dari telaga kautsar, maka ia tak akan merasa dahaga selamanya”,

Israfil tak mau kalah: "Aku akan bersujud kepada Allah, dan aku tidak akan mengangkat kepalaku hingga Allah kerkenan mengeluarkan setiap orang yang membaca shalawat dari neraka”, dan terakhir Izrail mengukuhkan ketiga saudaranya : ”Aku akan mencabut nyawanya sebagaimana aku mencabut nyawa para Nabi”.

Ihwal shalawat dalail khoirat yang dibarengi dengan puasa tahunan, Syekh KH. Ahmad Basyir, menerangkan sebuah hadist, " Barang siapa yang berpuasa tahunan, maka neraka jahannam tertutup untuknya”.

Terapi Religius Puasa dalail khairat tercipta sebagai kearifan beragama, bukan semata ritual kosong. Ia diciptakan untuk sebuah misi besar membangun mentalitas dan karakter religius umat islam.

Puasa dalail khairat adalah laku terapi religius yang membangun jiwa. Tujuan puasa dalail khairat bukan untuk mencari kekayaan duniawi, dan hal -hal semu lainnya tetapi keberkahan yang dapat diunduh darinya.

Yang pertama tujuan Puasa Dalail adalah sebagai sarana untuk membangun jiwa. Dalail Khairat dan puasa adalah dua ritual yang berbeda, yang tercipta untuk satu tujuan yaitu untuk mensucikan jiwa (tazkiat al nafs).
DALAIL KHAIRAT ADALAH DZIKIR SHALAWAT, SEDANGKAN PUASA ADALAH CARA UNTUK MENSUCIKAN JIWA. PENGAMAL PUASA DALAIL KHAIRAT ITU LISANNYA BERDZIKIR, HATINYA BERDZIKIR DAN BADANYA BERPUASA. PERPADUAN KEDUA AMALAN INI MENJADI TERAPI RELIGIUS BAGI PENGAMALNYA.

Tujuan puasa Dalail yang Kedua adalah untuk tameng atau perisai agar terhindar dari maksiat. Rasulullah pernah bersabda bahwa puasa berfungsi sebagai wija’ menjadi perisai dari maksiat. Hadits ini mula-mula mendorong untuk menikah bagi yang sudah mampu, bagi yang belum, seyogyanya mereka berpuasa, sehingga puasa itu menjadi dinding yang membentengingya dari godaan maksiat. Selain itu, membaca shalawat juga menjadi perisai anti maksiat laiknya puasa. Kitab dalail khoirat yang ditulis Syekh Ahmad Basyir mengutip sebuah maqalah "fashrif hawaha bi al sholati muwadhiba” yang berarti: Usirlah hawa nafsu dengan tekun membaca shalawat.

Tujuan puasa Dalail yang Ketiga adalah menanamkan budaya disiplin. Seorang kaligrafer khususnya Santri PSKQ Modern harus memilki karakter ini. Makanya dengan puasa Dalail mereka bisa menanamkan kedisiplinannya itu dalam "tarekat belajar kaligrafi". Seperti disiplin mengikuti aturan kaidah setiap huruf khath yang berbeda, disiplin dalam latihan, disiplin berkarya dan disiplin dalam berperilaku.

Menurut saya Puasa Dalail Quran dan Dalail khoirat tak ubahnya sebuah terapi yang melatih pribadi seorang pengamal. Dengan puasa secara kontinyu, mereka akan terlatih untuk hidup teratur. Rutinitas makan sahur, berbuka, hingga ritual wirid membaca Al Quran dan bacaan Sholawat Nabi adalah praktek nyata kedisiplinan yang hendak dibangun oleh puasa itu sendiri.

LANDASAN DALAILUL KHOIROT
Bacalah sholawat – sholawat pada Dalailulul Khoirot dan lainnya. Karena sesuai dengan firman Allah SWT dalam suart Al-Ahzab Ayat 56 berbunyi :
ان الله وملائكته يصلون على النبى يا ايهاالذين امنوا صلوا عليه وسلموا تسليما. الاحزاب : 57

” Sesungguhnya Alloh dan Malaikat –NYA membacakan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW ( dari sebab itu ) Hai orang-orangf yang beriman bacalah do’a sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW. ” ( Surat Al-Ahzab : 56 )

Didalam Kitab Fatkhul Wahab diterangkan bahwa puasa satu tahun itu hukumnya sunah, orang yang berpuasa satu tahun seperti Dalailulul Khoirot atau yang lainya maka ia tidak akan masuk Neraka Jahannam, seperti hadis Nabi Muhammad SAW :
قال النبى صلى الله عليه وسلم : من صام الدهر ضيقت عليه . رواه البيهقى

” Barang siapa yang berpuasa satu tahun maka tidak ada tempat baginya terhadap Neraka Jahannam ”
وروي عنه
صلى الله عليه وسلم , انه قال : من صلّى علىّ مرة واحدة صلى الله عليه عشرمرات, ومن صلى عليه عشر مرات صلى الله عليه مأة مرة , من صلّى عليه مأة مرة صلى الله عليه الف مرة , و من صلّى علىّ الف مرة
حرم الله جسده على النار .

” Diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW Beliau bersabda : Barang siapa yang membaca sholawat kepadaku sekali saja,maka Alloh membacakan sholawat kepadanya 10 kali, barang siapa yang membaca 10 kali, maka Alloh membacakan sholawat kepadanya 100 kali, barang siapa yang membaca 100 kali maka Alloh membaca kepadanya 1000 kali, dan barang siapa yang membaca sholawat 1000 kali maka diharamkan jasadnya terhadap api neraka. ( Kitab Dalail Halaman : 27 )

Dalam kitab Azkarun Nawawi diterangkan bahwa memperbanyak membaca sholawat itu dapat menghilangkan berbagai macam keprihatinan, kesedihan dan kesuasahan serta memperlancar datangnya rizki, seperti hadis Nabi :
قال النبى صلى الله عليه وسلم : من عسرت عليه حا جة فليكثر من الصلاة عليّ فانها تكشف الهموم والغموم والكروب وتكثر الارزاق وتقضى الحوائج .

“Barang siapa yang sulit terpenuhi hajatnya maka sebaiknya memperbbanyak membaca sholawat kepadaku, karena sesungguhnya membaca sholawat kepadaku itu dapat menghilangkan beberapa keprihatinan, kesedihan ssserta bermacam-macam kesusahan dan menjadi sebab lancarnya terhadap datangnya rizki, juga dapat mendatangkan beberapa hajat kebutuhan. ”

SEJARAH SINGKAT TERSUSUNNYA KITAB DALAIILUL KHOIROT
Penyusun kitab dalailul Khoirot adalah Imam Abu Abdulloh Muhammad bin Sulaiman Al Jazuli atau dikenal dengan Syeh Jazuli, Beliau bermukim dinegri Maghrobi negri Afrika, Beliau wafat pada Tanggal 16 Robiul Awal Tahun 875 Hijriyah,dan dimakamkan dsi Desa Suwas, dan setelah 77 tahun jenazahnya dipindah ke tanah marakisi, dan ketika jenazah Beliau diangkat dari dalam kubur, keadaanya tidak berubah sama sekali, Ia masih tetap utuh seperti semula rambut dijenggotnya kelihatan masih baru dicukur karena dahulu ketika akan wafat beliau sempat mencukur jenggot terlebih dahulu, sehingga makamnya menjadi makan yang agung dikarenakan banyak sekali orang yang berziarah kepadanya, dan do’a-do’a yang dibaca oleh para peziarah adalah memperbanyak membaca Dalailul Khoirot.

Pada suatu hari beliau akan mengambil air wudhu, namun tali timbanya putus akhirnya beliau berusaha untuk mencari tali pengganti, karena begitu dalamnya sumur setiap tali yang ia masukan kedalam sumur tali itu tidak pernah sampai, sehingga membuatnya bingung, namun tiba-tiba ada seseorang yang datang kemudian meludah disumur itu dan begitu mudahnya orang itu mengambil air dengan tanganya sendiri karena setelah sumur itu ia ludahi tiba-tiba air yang ada didalam sumur itu naik keatas dengan sendirinya. Kemudian Syeh Jazuli bertanya ” dengan apakah engkau memperoleh karomah ini..?” jawabanya ” Karena saya memperbanyak membaca sholawat kepada nabi Muhammad SAW.. kemudian Beliau Syeh Jazuli bersumpah akan menyusun sebuah kitab yang berisi tentang sholawat. Akhirnya setelah Beliau melakukan Riyadhoh dan Uzlah selama 41 tahun maka beliau dapat menyusun kitab Dlailul Khoirot ini. Akhirnya makam beliau selalu harum semerbak baunya, hal ini karena beliau selalu membaca Sholawat kepada Nabi SAW selama hidupnya.

PUASA YANG DIHARAMKAN
Ketika ada pertanyaan bukannya puasa terus -menerus itu haram hukumnya?
Puasa Dalail Quran dan Dalail Khairat bukan kriteria puasa yang dilarang dalam Islam.

Sebagai dasarnya:
Dalam Matan Al Ghoyah wat Taqrib menyebutkan mengenai hari-hari yang dilarang puasa.
Disebutkan oleh Abu Syuja’ rahimahullah:
- Diharamkan berpuasa pada 5 hari: (1, 2) dua hari raya (Idul Fithri dan Idul Adha); (3, 4, 5) hari tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijjah).
- Dimakruhkan berpuasa pada hari meragukan (yaumusy syakk) kecuali jika berpapasan dengan kebiasaan puasanya atau bersambung dengan hari sebelumnya.
- Berpuasa pada Hari ‘Ied: Idul Fithri dan Idul Adha.

Larangan berpuasa pada hari tersebut berdasarkan hadits berikut,
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – رضى الله عنه – أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ صِيَامِ يَوْمَيْنِ يَوْمِ الأَضْحَى وَيَوْمِ الْفِطْرِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhum bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari puasa pada dua hari: Idul Fithri dan Idul ‘Adha. (HR. Muslim no. 1138).

Jika dikatakan dilarang, berarti tidak sah menjalani puasa pada hari Idul Fithri dan Idul Adha, bahkan inilah yang disepakati (adanya ijma’) dari para ulama. Jadi diharamkan berpuasa pada kedua hari tersebut dan yang melakukannya dinilai berdosa. Karena ibadahnya sendiri termasuk maksiat. Contohnya yang menjalani puasa sunnah, atau puasa wajib seperti puasa nadzar, maka tidak dianggap puasanya atau nadzarnya bahkan malah berdosa. Lihat Kifayatul Akhyar, hal. 253.

Illustrasi:
- Beberapa Santri PSKQ Modern yang mengambil ijazah puasa Dalail kepada KH.Ahmad Badawi putera Guru saya Syeikh KH.Ahmad Basyir Almarhum sebagai salah satu Mujiz Dalail Quran dan Dalail Sholawat.

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

6 comments:

  1. Female Quran teacher, hafiza Tutor with good recitation and communication skills are very hard to find. Alhumdulullah we have. Female Quran teacher, hafiza Tutor with good recitation and communication skills are very hard to find. Alhumdulullah we have. Learn Quran Online UK always focuses on quality education of the Holy Quran Online with Tajweed. learn quran online with tajweed UK always focuses on quality education of the Holy Quran Online with Tajweed.

    ReplyDelete
  2. Learn Quran is a humble effort to build online tuition community. Learn Quran Tajweed has very good experience in Quran Tutoring and other Tuition services. Students from all over the world are learning the Holy Quran Online with us. We have best teachers to learn Quran online

    ReplyDelete
  3. In-depth study as well as learning is possible with us as we make all the important "surahs" and "ayats" of the Quran reachable to you in a mere click! And this can even take place online where a great deal of self-study can also be made by you!!
    https://learningquran.co.uk/

    ReplyDelete
  4. We don't know all the languages but there are people they have willing to know another language like Arabic, Islamic etc. for those who want to learn i want to suggest the best learn Islam online. for more info visit our website.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top