Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 25 November 2016
Hashem al-Khattat

Hashem al-Khattat lahir di Baghdad pada tahun 1917. Beliau mulai belajar kaligrafi Arab sejak usia dini, dan berhasil meraih gelar Diploma kaligrafi dari Mulla 'Ali al-Fadli pada tahun 1943.

Beliau melanjutkan studinya di Kairo dan memperoleh gelar Diploma dengan pujian dari Royal Institute of Kaligrafi pada tahun 1944. Pada tahun yang sama, beliau juga meraih Sertifikat Kaligrafi dari kaligrafer Sayyid Ibrahim dan kaligrafer Muhammad Husni.

Pada tahun 1946, beliau menerbitkan sebuah buku teks dengan gaya kaligrafi Al-Riqa'. Beliau mengunjungi Turki, dan menunjukkan contoh karyanya kepada kaligrafi terkenal Turki, Musa Azmi, yang dikenal sebagai Hamid al-Amidi, kemudian diberikan kepadanya gelar Diploma kaligrafi pada dua kesempatan, yakni tahun 1950 dan tahun 1952. Pada kesempatan kedua, al-Amidi menyatakan bahwa Hashem adalah salah satu kaligrafi terbaik di dunia Islam. Hamid al-Amidi menyatakan bahwa Hashem merupakan “The art of calligraphy sprang in Dar-As-Salaam (Baghdad) and returns with you to Dar-As-Salaam”.

Beliau mengikuti gaya Baghdad klasik Yaqut al-Musta'asimi dan dikombinasikan dengan gaya Ottoman yang lebih modern, selain itu beliau juga dikenal sebagai kaligrafer terbaik dalam gaya Thuluth.

Beliau mengawasi pencetakan mushaf Al-Qu'ran yang ditulis oleh kaligrafer Turki, Muhammad Amin al-Rushdi. Al-Khattat memperbaiki beberapa huruf yang hilang, nomor ayat-ayat, dan kaligrafi dari Sura (bab). Mushaf Al-Qu'ran tersebut pertama kali diterbitkan di Baghdad pada tahun 1951. Edisi kedua diterbitkan di Jerman pada tahun 1966 dan kemudian edisi ketiga diterbitkan di Jerman juga, pada tahun 1972.

Pada tahun 1960, beliau diangkat menjadi Dosen Kaligrafi Bahasa Arab di Institute of Fine Arts di Baghdad. Kemudian, beliau diangkat menjadi Kepala Arabic Calligraphy and Islamic Decoration Department di mana beliau menjabat hingga akhir hayatnya pada tahun 1973. Selama kurun waktu tersebut (1961) beliau menerbitkan buku koleksi kaligrafi berisi karya terbaiknya dengan judul “The Methods of Arabic Calligraphy” (Metode Kaligrafi Arab) Qowaid Al-Khoth Al-‘Arobi.

Karya kaligrafinya menghiasi sejumlah Masjid terkenal di Irak, termasuk Masjid al-Shahid, Masjid Syaikh Qadir Abdul al-Gailani, Masjid Haiderkhana, Masjid Almuradia, dan Masjid Bunia. Beliau juga mendesain Iraqi Bank Notes, serta koin untuk Tunisia, Maroko, Libya, dan Sudan. Beliau hanya memberi ijazah Diploma satu kali untuk muridnya yang bernama Abdul Ghani al-Ani.

Beliau berencana untuk menulis teks mushaf Al-Qu'ran dengan gayanya sendiri, tapi beliau wafat sebelum menyelesaikan proyek tersebut. Sebuah koleksi yang berisi karya terbarunya diterbitkan di Baghdad pada tahun 1978.

Courtesy: "Pallas Humanities Computing"

Berikut ini merupakan karya-karya beliau:
































Penerjemah: Muhammad Assiry

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top