Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Assiry gombal Mukiyo,07 2016


Menyisakan banyak pertanyaan yang sampai kapanpun tidak akan pernah ada jawaban. Seperti ketika cintamu kepada seorang janda yang tidak terbalas bagai desir angin yang membentur ruang kosong. Ngenes dan bikin dlohom.

Mari sedikit kita ulas Kaligrafi Cabang Naskhah putri ini. Ada Peserta Naskhah Putri yang jali kaidah Khatthiyyah Pada Huruf Fa lafaz "Yunfiqu" ( tanda merah dalam gambar) tetapi menduduki juara 1 Cab.Kaligrafi Naskah Putri tingkat Nasional, dilanjut dengan juara 2 juga ada Kesalahan jali "kaidah kaf" pada Khoth diwani ( tanda merah dalam gambar) tetapi menduduki juara 2 sehingga bukan lagi terbaca "Yakun" tetapi ada penambahan huruf lam disana sehingga bisa menjadi " Yaklun". Sedangkan yang selanjutnya menurut saya lebih kuat kaidahnya, lebih mapan tulisannya tidak ada kesalahan kaidah juga tidak ada kesalahan imlaiyyah tetapi harus puas dengan urutan juara 3, meskipun pada saat penyisihan menduduki peringkat pertama.

Jika memang ternyata ada perubahan peraturan perhakiman kaligrafi bahwa kesalahan kaidah atau kesalahan jali tidak menjadi urusan yang fatal dalam penilaian, tentu mustinya Hakim kaligrafi perlu memberlakukan perbandingan kekuatan pada kaidah penulisan. Dan rasanya ini agak janggal, bila memperhatikan kekuatan kaidah.

Ini bukan soal terima atau tidak terima soal keputusan Hakim. Mau anda guling -guling dijalan seratus kalipun nilai dan keputusan Hakim tidak akan berubah. Jauh sebelum mengikuti event lomba saya sering memotivasi kader -Kader PSKQ Modern agar selalu siap dengan kekalahan dan siap menang. Karena lomba bukan sekadar memburu kemenangan. Lomba adalah soal memberikan karya dan menyuguhkan potensi terbaik yang kita mampu secara ikhlas. Jadi tidak ada kaitannya soal menang ataupun kalah.

Toh Apapun itu keputusannya, kalau sudah keputusan hakim maka keputusan Hakim menjadi "De Fakto" atau tidak bisa diganggu gugat. Karena hakim adalah wakil atau staff Tuhan, apalagi sumpah Jabatan mereka dipertaruhkan Dunia dan akhirat. Jadi kita harus terima bahwa keputusan mereka adalah "sabda" sebagai keputusan Tuhan YME. Jika sedikit saja anda protes maka sudah dipastikan bahwa neraka adalah tempat terbaikmu disana.

Saya tidak selalu melihat hasil. Karena hasil terkadang tidak mesti sama dengan harapan kita. Tetapi proses yang panjang, sungguh-sungguh, telaten, istiqamah dan sabar dalam belajar telah membuahkan hasil dan keberkahan tersendiri dan hanya Allah yang menilainya. Sedikit sekali yang dianugerahi oleh Allah yang bisa merasakan kelezatan itu. Kelezatan tanpa batas ketika apa yang digoreskannya ada Allah dalam setiap hurufnya, apa yang ditorehkan dari padu padan warna terlihat Allah yang nampak jelas disana. Kita betul-betul bisa menyaksikan hadirnya Allah dalam setiap karya-karya itu. Allah Jamiil.

Sejak Nopember 2015 saat menghadapi Lomba Bayt Quran dan MTQ Nasional hingga 18 Juli 2016 begitu banyak waktu untuk bertapa, fokus membenahi kaidah di asrama PSKQ Modern. Menurut saya perjuangan yang tidak sia-sia. Bahkan tulisan dan goresan Mbak Rahma mengungguli banyak Santri Putra PSKQ Modern. Di Lomba Bayt Quran Desember 2015 Rahmawati bahkan menggondol juara harapan 1 mengungguli kaligrafer -kaligrafer Putra terbaik bangsa ini.

Selamat untuk Rahmawati santri dan Kader PSKQ Modern angkatan 2010 sampai sekarang, yang terus menorehkan prestasi terbaiknya. Teruslah belajar dan jangan pernah putus asa untuk berprestasi di Kancah Internasional yang menunggu didepan mata. Saya yakin bahkan ainu al yaqin dan haqqu al yaqin bahwa "Mbak Rahma" begitu saya memanggilnya adalah kader PSKQ Modern yang terbaik di Indonesia dan Dunia. Amiiiiin.

Ayo mari kita terus belajar kaidah Khatthiyyah dan teruslah mengasah huruf perhuruf dari para Master biar semakin luas cakrawala keilmuwan kaligrafi kita hingga mendunia.

Illustrasi: 
-Foto Hasil final juara 1, 2 dan juara 3. Tampak juara 3 komposisi Tsulus memutar.

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top