Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

 Oleh : Midhan anis


Bidang Kosong dalam Zukhrfah (Ornament) - berciri Utama Seni Ukir Gebyog Kudusan yang diperkenalkan oleh Sunan The Ling Tsing yang pada masa berikutny dipopularkan oleh Sunan Kudus, bermahkota bentuk atap masjid Menara Kudus yang dipadu secara apik dalam harmoni yang bernilai seni tinggi dengan beragam Motif Batik Khas Muria menggambarkan kekayaan alam berupa bunga cengkeh, daun tembakau, dan dedaunan lain serta biji-bijian yang sudah menjadi ciri utama dan Kekayaan Khazanah Budaya Kudus - ini akan digores ayat demi ayat dari Ummul Kitab oleh seorang Maestro Kaligrafi Bertaraf Internasional Kyai Assiry yang bakal dibantu para Murid beliau dari Pesantren Kaligrafi Pskq Modern Kudus Jateng.
Akan disisakan lafadh Basmallah selain outlinenya saja, yang inshaallah akan digores oleh Presiden Joko Widodo dalam Upacara *Soft Launching Festival Istiqlal* yang akan digelar dalam Perhelatan *Perayaan Istiqlal 22-27 Pebruari 2017* untuk memperingati *HARLAH ISTIQLAL* sekaligus menandai dimulainya Penulisan Mushaf Alqur'an Terbesar di Dunia ini. 

Mushaf Istiqlal dengan media Kanvas berukuran raksasa, yakni 3x2 meter saat ditutup dan 3x4 meter saat dibuka ini akan menjadi yang terbesar didunia mengalahkan karya sebelumnya yang dibuat di UNSIQ (dulu IIQ) Wonosobo di tahun 1992. 

Lembar pertama ini ditambah satu lembar berikutnya yang akan berisi tulisan Awal Surat Al-Baqarah yang juga akan dihias dengan design yang selaras dengan lembaran pertama ini, akan menjadi _*Master Piece*_ dari keseluruhan Mushaf yang jumlahnya -/+ 600 halaman itu. 

Seluruhnya akan mengadopsi Jenis Ornament berciri khas Nusantara yang disarikan dari akar dan nilai-nilai budaya masing-masing daerah, suku, dan adat istiadat mulai Sabang hingga Merauke. Akan diambil hanya yang terbaik dari masing2 daerah dan diharmonisasi dalam bentuk karya seni yang sangat langka ini.

Project Pembuatan Mushaf Raksasa ini akan menelan beaya sebesar (+/-) 15,2 Milliard Rupiah dan diharapkan akan selesai sebelum Awal Oktober 2017. Harapan kami karya anak bangsa yang sangat luar biasa fenomenal ini bisa kami pamerkan kepada Kaum Muslimin Seluruh Dunia dalam Festival Istiqlal 2017 berthema International Festival oF Indonesian Islamic Cultures & Arts (IFFIICA).

Salah satu alasan mengambil ornamen khas Nusantara dalam Penulisan Mushaf Istiqlal ini adalah _*Sebuah upaya untuk mengikat erat segala perbedaan yg ada di antara Suku, Budaya, Adat Istiadat bangsa ini dengan semangat Ketuhanan yang diharapkan akan mampu memancarkan nilai-nilai luhur bangsa yang pada muaranya membangun Persatuan dan Kesatuan NKRI… NKRI HARGA MATI!!!*_

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama yang sangat baik antara IKAMAKSUTA (Ikatan Alumni MAPK-MAKN MAN 1 Surakarta dengan Para Pakar Kaligrafi Nasional dari berbagai kelompok dan Pesantren Kaligrafi di Jakarta, Kudus, Jogja Kaligrafi, Rembang, Jombang, Banten, Medan dan lain sebagainya yang dikawal dengan baik oleh DKM Istiqlal.

Besarnya beaya tidak menyurutkan niat kami untuk terus mengupayakan tercapainya niat mulia dan Kerja Besar ini.

Siapapun Anda, dan berapapun ukurannya, berhak mengambil porsi dalam mensupport kerja sosial yang besar ini dalam bentuk apapun. Keahlian, kecerdasan, finansial dan jenis dukungan apa saja berapapun itu, akan sangat membantu beban kami, dan Inshaallah akan menjadi Sedekah Jariyyah kita semua sekaligus menjadi Warisan Budaya Luhur bangsa bagi anak cucu dan penerus kehidupan kita.

Tak lupa kami selalu mengharap Taufiq, Hidayah, dan Inayah Allah SWT sehingga seberat apapun beban mensukseskan Project ini, semoga di pundak kami Allah merubahnya menjadi ringan.

Amien

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top