Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9


PSKQ Modern, 2 Januari 2019


Sebenarnya sangat banyak kegiatan santri PSKQ Modern dalam pembelajaran bahasa Arab maupun Inggrisnya yang diampu Ustaz Abdul Ghani SE alumnus Gontor. Disini akan kami jelaskan beberapa kegiatan tersebut. Diantara kegiatan kebahasaan yang diterapkan di adalah sebagai berikut:

1. Al-muhadatsah al-yaumiyyah atau bercakap-cakap dalam bahasa arab dan inggris. Kegiatan ini dilaksanakan pada 4 hari setiap minggunya tepatnya setelah kajian Kitab kuning yang diasuh Ustaz Agus purwanto ba'da shalat subuh. Setiap santri mencari pasangan bicaranya masing-masing kemudian harus berbincang-bincang dalam bahasa arab atau inggris. Sementara Ustaz santri mengawasinya. Dan seluruh santri diwajibkan membawa kutaib atau buku saku yang didalamnya berisi mufradat atau kosa kata bahasa arab.

2. Al-ilqaa al-mufradaat atau penyampaian kosa kata. Kegiatan ini juga dilakukan pada pagi hari. Setiap santri berkumpul di ruang asrama 1 PSKQ Modern. kemudian pembimbing /Ustaz menyampaikan 3 kosa kata dalam bahasa arab/inggris. Tidak hanya itu, Ustaz harus memahamkan arti kosa kata tersebut tanpa memberi arti kosa kata itu. cukup dengan menaruhnya di dalam kalimat atau mempraktekannya jika memungkinkan. Dan pada waktu itujuga, santri harus menghafal kosa kata itu. sewaktu-waktu, pengurus akan menanyakannya, jika tidak bisa maka akan dieberi hukuman.

3. Al-khithabah al-Minbariyah atau latihan pidato bahasa arab dan inggris. Latihan pidato di PSKQ terbagi menjadi 3 bahasa yaitu arab, inggris dan indonesia. Pidato bahasa arab dilaksanakan setiap hari Sabtu, Pidato bahasa inggris hari Senin. Pidato bahasa indonesia pada kamis malam setelah membaca yasin dan tahlil. Setiap santri akan menerima giliran pidato ketiga bahasa tersebut antara 2 minggu sekali. Dan setiap santri wajib membuat naskah pidato itu dengan tanda tangan pembimbing sebelum ia tampil.

4. Al-insya al-Yaumiy atau membuat karangan dalam bahasa arab. Kegiatan ini dilakukan 2 minggu sekali.
. Ini bertujuan sebagai pendukung peningkatan kebahasaan khususnya bahasa arab.
Ini hanya sebagian kecil kegiatan yang dapat kami jelaskan. Jika masih penasaran, silakan kujungi PSKQ Modern secara langsung supaya lebih jelas. Semoga bermanfaat.

Keterangan:
Tampak santri Putri PSKQ Modern sedang praktek pidato bahasa dan percakapan menggunskan Bahasa Arab dan Bahasa inggris. Kegiatan ini diharapkan agar seluruh santri kelak tidak hanya mahir dan profesional dibidang kaligrafi dan Seni Rupa tapi juga mahir berbahasa asing. Tantangan era globalisasi tahun 2015 santri -santri PSKQ harus bisa go internasional secara prestasi dan kualitas SDMnya.....Amiin.

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top