Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern,  4 Agustus 2018


Kaligrafi secara etimologis berasal dari bahasa Inggris, calligraphy yang berasal dari dua suku kata bahasa Yunani, yaitu kallos: beauty (indah) dan graphein : to write (menulis) yang berarti : tulisan yang indah. Dalam bahasa Arab, biasa disebut khat yang berarti garis atau coretan pena yang membentuk tulisan tangan. Dan disebut fann al-khath dalam arti seni memperhalus tulisan atau memperbaiki coretan. 

Kaligrafi merupakan ilmu yang memperkenalkan bentuk huruf yang ditulis dan berkaitan erat dengan seni, tradisi dan budaya yang di dalamnya terdapat berbagai macam bentuk huruf (aksara). Begitu halnya dengan seni kaligrafi yang dapat dihubungkan dengan konteks agama dan tradisi, dimana pengaruh seni kaligrafi dapat mengalir terus menerus sampai generasi berikutnya. Tak sedikit banyak anak muda menyukai seni terutama seni rupa belajar kaligrafi melalui pondok pesantren.

Dalam perkembangannya kaligrafi dipisahkan menjadi beberapa jenis, seperti kaligrafi tradisional, klasik, modern, ekspresif dan kontemporer. Semua jenis kaligrafi itu memliki kelebihan dan keunikan tersendiri. Kekhasan yang sama pada seni kaligrafi adalah kreatifitas seniman dalam memvisualisasikan bentuk karya ciptanya.  

Seperti yang dikatakan oleh pendiri pesantren ini bahwa seorang pembuat kaligrafi (kaligrafer) akan mendapatkan manfaat batiniah dan lahiriah ketika menguasai keterampilan menulis kaligrafi arab ini.
           
Selain itu kaligrafi juga dapat membentuk karakter seseorang karena seni ini dapat menciptakan kedekatan spiritual dalam diri manusia kepada Sang Pencipta. Melalui keindahan kaligrafi kita dapat belajar bahwa kita dapat memahami tentang kekaguman, lebih takjub dengan penciptaan Sang Pencipta. Di dalam kaligrafi kita tidak hanya sekedar mengetahui keindahan, tetapi juga kita mempelajari peri kemanusiaan dan rasa ketuhanan karena kaligrafi Islam dari ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist nabi.       
Pembelajaran kaligrafi memiliki fungsi dan tujuan menumbuhkembangkan potensi, sikap dan ketrampilan. Secara rinci, fungsi dan tujuan kaligrafi adalah:
1. Mengembangkan kemampuan dan ketrampilan melalui penelaahan jenis, bentuk, dan sifat fungsi, alat, bahan, proses dan teknik dalam membuat produk karya seni.
2. Mengembangkan kemampuan intelektual, imajinatif, ekspresif, kepekaan rasa estetik, kreatif, ketrampilan dalam menghargai terhadap hasil karya seni.
3. Secara estetis, kaligrafi memiliki unsur keindahan, hias dan plastisitas bentuk serta kekayaan ragam aksesoris dan iluminasinya yang menumbuhkan rasa estetika yang mendalam.
4. Kejelasan tulisan dan keindahan kaligrafi memudahkan informasi dan komunikasi baik di kalangan guru maupun peserta didik.

Pesantren Seni Kaligrafi Al Qur'an Modern PSKQ pertama di Asia Tenggara yang tidak hanya mengajarkan kaligrafi tetapi juga kesenian lainnya terutama seni rupa. Jadi, para santri tidak hanya belajar menulis kaligrafi saja tetapi mereka dapat mengasah kemampuan seni rupa sesuai perkembangan jaman. 

PSKQ Modern mengajarkan kepada para santri bahwa kaligrafi tidak selalu berkutik dengan tinta dan kertas. Dalam praktiknya kaligrafi dapat diaplikasikan pada benda-benda lain yang digunakan sebagai ornament arsitektur, seperti kaligrafi kuningan, tembaga, ukir kayu, bordir dan masih banyak lagi.

seiring berjalannya waktu, kaligrafi juga digunakan untuk ornament-ornament masjid atau tempat lain yang bernuansa islami. selain kuningan GRC kubah juga dapat menjadi pilihan untuk arsitektur bernuansa islam.

CV.Assiry Art adalah kontraktor Interior dan eksterior yang bergerak dibidang jasa pembuatan kaligrafi dan pengerjaan huruf timbull tidak hanya berupa abjad/angka namun juga menawarkan jasa pembuatan huruf timbul berbentuk kaligrafi dengan berbagai macam material dan bentuk sesuai keinginan konsumen. Kami melayani jasa kaligrafi kubah, Kaligrafi kuningan plat, kaligrafi ukir juga berbagai order panel GRC custom dan produk ornament GRC, Kubah GRC, Menara GRC dan lainnya di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.  

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top