Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Assiry art, 7 Agustus 2018


Seni rupa Islam adalah seni rupa yang berkembang pada masa lahir hingga akhir masa keemasan Islam. Rentang ini bisa didefinisikan meliputi Jazirah Arab, Afrika Utara, Timur Tengah, dan Eropa sejak mulai munculnya Islam pada 571 M hingga mulai mundurnya kekuasaan Turki Ottoman. Walaupun sebenarnya Islam dan keseniannya tersebar jauh lebih luas daripada itu dan tetap bertahan hingga sekarang.


Seni rupa Islam bukanlah seni  yang berfokus pada agama saja tetapi juga perpaduan kebudayaan islam yang kaya dan berbagai macam.
Perkembangan seni islam tak lepas dari pengaruh gaya seni lainnya seperti seni Roma, seni Kristen awal, seni Romawi timur yang diserap kedalam seni bina islam awal dan masih banyak lagi gaya seni yang mempengaruhi seni Islam. Gaya seni Cina merupakan salah satu pengaruh yang penting dalam lukisan, tembikar, dan tekstil Islam.

Seni rupa Islam juga memunculkan inspirasi pengolahan kaligrafi menjadi motif hias. Peninggalan seni rupa Islam banyak berbentuk masjid, istana, ilustrasi, buku dan permadani.

Seni rupa Islam di Indonesia
Agama Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke 7 M oleh para pedagang dari India, Persia dan Cina. Mereka menyebarkan agama Islam sekaligus memperkenalkan kebudayaan dari negaranya masing-masing. Sejak itu terjadilah akulturasi budaya yang mempengaruhi seni rupa Islam di Indonesia. Para wali selain menyebarkan agama islam mereka  juga berperan dalam penyebaran seni rupa Islam misalnya dakwah yang dilakukan dengan menggunakan kesenian wayang.

Ciri-ciri Seni rupa Islam di Indonesia:
1. Bersifat feodal, yaitu kesenian yang ada di istana/kesultanan sebagai bentuk pengabdia para empu kepada para Raja/Sultan
2. Bersumber dari seni pra Islam yaitu seni akulturasi dari seni Budha dan Hindu.

Karya Seni Rupa Islam di Indonesia
A. Seni Bangunan 
1.Istana
istana atau tempat tinggal raja selain sebagai pusat pemerintahan, istana juga digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan dan kebudayaan. Arsitektur dari bangunan ini pun terpengaruh dari berbagai kebudayaan dan dan agama yang ada di Nusantara.

2. Makam
bentuk bangunan makam muslim Indonesia merupakan hasil pengaruh dari tradisi non muslim. yaitu makam berundak seperti punden dan batu nisan yang bermotif gunungan.

3. Masjid
Bangunan masjid yang paling menonjol adalah bagian atap yang berbentuk limas ganjil yang bersusun. contohnya seperti masjid Agung Demak yang didirikan oleh Sunan Kalijaga dan Masjid Agung Banten yang didirikan oleh Sunan Gunung Jati yang atapnya menyerupai bangunan mercusuar.

B. Seni Kaligrafi
Seni kaligrafi adalah seni tulisan indah menggunakan tulisan arab. Kaligrafi memiliki fungsi diantaranya sebagai berikut:
1. Sebagai media ekspresi atau mengungkapkan perasaan penulis
2. Sebagai dekorasi atau hiasan
3. Sebagai pembentuk gambar

C. Seni Hias
 Seni hias islam selalu menghindari penggambaran makhluk hidup secara realis, biasanya untuk penggambaran makhluk hidup lebih digayakan atau disederhanakn untuk menhindari kesan menyerupai aslinya. 
 

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top