Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Assiry Gombal Mukiyo, 08 Oktober 2016








PSKQ Modern adalah Pesantren pertama di Asia tenggara bahksn di dunia yang menggabungkan dua konsep Seni Rupa terapan dan Seni Kaligrafi. Seni rupa terapan (applied art) adalah karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mana mengandung nilai fungsi tertentu di samping nilai seni yang dimilikinya.

Fungsi karya seni rupa bisa dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi estetis dan fungsi praktis. Fungsi estetis adalah fungsi yang semata-mata ditujukan sebagai benda hias misalnya, karya batik atau tenun yang dibuat khusus untuk hiasan dinding, benda kerajinan, topeng, vas bunga dll. Sedangkan fungsi praktis adalah karya seni yang tujuan pokok pembuatannya ditujukan sebagai benda pakai misalnya, perabotan rumah tangga, meja, kursi dan tekstil.

PSKQ Modern bersama para kader Santri baik yang bergabung dengan program Kursus msupun diklat Mukim mengembangkan konsep Seni Rupa terapan mulai dari ornamen GRC, Ornamen ukir kayu dan kaligrafi untuk mempercantik obyek yang diolah dengan cita rasa Seni Arsitektur bangunan Masjid dan lainnya.

Pengembangan karya -karya Santri PSKQ Modern tersebut tidak hanya sebatas pada Seni Arsitektur yang sudah ditorehkan oleh PSKQ Modern dengan bukti berbagai karya Santri maupun alumni PSKQ Modern melalui kendaraan CV.Assiry Art yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia. Dari mulai mrndekorasi perkantoran, membuat kaligrafi Masjid, membuat ornamen GRC, memembuat ukir kaligrafi mihrab, dan lainnya.

Selain itu Santri PSKQ Modern juga membuat gebrakan -gebrakan Seni Kriya yang inovatif dan kreatif dengan mengolah bahan acrilic menjadi berbagai produk kaligrafi, vas bunga, accesoris kecantikan, tempat sir minum dan lain sebagainya.

Biar kita lebih faham apa itu Seni Rupa terapan yang dikembangkan oleh PSKQ Modern, maka secara garis besar berdasarkan bentuknya, karya seni rupa terapan bisa dibedakan menjadi 5 kategori, antara lain :

1. RUMAH ADAT
Rumah adat di indonesia mempunyai bentuk yang beranekaragam. Apabila melihat struktur bangunan rumah adat di Indonesia secara keseluruhan maka kita bisa membedakan bangunan adat ini berdasarkan atapnya, ragam hiasnya, bentuk dan bahan bakunya. Sebagai contoh yaitu rumah beratap joglo di Jawa, rumah beratap gonjong di Minangkabau, Rumah panggung di Kalimantan.

2. ARSITEKTUR BANGUNAN
Arsitektur Bangunan di Indonesia sangat beranekaragam. Seni rupa terapan juga terlihat dari di berbagai arsitektur bangunan di Indonesia. Candi merupakan salah satu contoh arsitektur bangunan di Indonesia yang menerapkan seni rupa terapan.

3. SENJATA TRADISIONAL
Berbeda dengan fungsi senjata pada masa lalu, penggunaan senjata tradisional saat ini lebih sering ditujukan sebagai peralatan untuk bekerja. Ada pula yang menggunakannya sebagai perlengkapan ritual, perlengkapan pakain adat, pertunjukan seni tradisional, dan sebagai benda hias. Contohnya, Mandau dari Kalimantan, Celurit dari Madura, Pasa Timpo dari Sulawesi Tengah, Kujang dari Jawa Barat dan lain lain.

4. TRANSPORTASI TRADISIONAL
Alat Transportasi yang masih mempertahankan bentuk dan ciri khas tradisionalnya masih dapat dijumpai di wilayah Nusantara. Misalnya, perahu, kereta kuda, pedati dan becak.

5.SENI KRIYA
Seni Kriya sangat luas, namun secara garis besar bisa dibagi dalam 4 kelompok, antara lain :
Kriya Pahat, Kriya Tekstil, Kriya Anyaman, Kriya Keramik.

Illustrasi:
- Tampak Sample beberapa karya Seni kriya yang menjadi cabang dan bagian dari Seni Rupa Terapan Karya Santri -Santri PSKQ Modern yang dikoordinasi oleh Mbak Fredina fransiska dan Mbak Charisfa nuzula, Peserta Kursus hari Jumat di PSKQ Modern.
Semoga produk -produk Seni kriya Santri -Santri PSKQ Modern ini bisa berkembang pesat hingga bisa eksport ke manca negara. Amiiin.

Info layanan produk Ornamen GRC, Ukir, Seni Kriya dan Kaligrafi bisa menghubungi PSKQ Modern:
www.pesantrenkaligrafipskq.com
www.assirykaligrafimasjid.com

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top