Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 21 November 2015


Kali ini saya akan kembali menunjukkan kreatifitas seniman yang unik. Seniman yang bernama Hula atau biasa dipanggil Sean Yoro ini berkreasi dengan bongkahan es di perairan dingin Islandia.

Sebentuk wajah wanita berukuran raksasa tampak nyaris tenggelam di perairan yang dikelilingi es. Memang terlihat aneh, tetapi ini bukan fenomena alam tak biasa. Wajah wanita itu sebenarnya adalah lukisan buatannya.

Dilansir The Huffington Post (17/11), seniman Hawaii itu memilih bongkahan es di perairan dingin Islandia sebagai kanvasnya. Yoro menyebut lukisan buatannya ini A'o'Ana yang berarti peringatan dalam bahasa Hawaii.

Yoro sengaja memilih batu es yang mudah mencair karena ia ingin menyadarkan manusia terhadap pemanasan global. Islandia kehilangan rata-rata 11 miliar ton es setiap tahunnya, mengakibatkan kenaikan permukaan air dalam waktu singkat.

Yoro mengatakan potretnya mewakili jutaan orang yang membutuhkan bantuan karena merasakan dampak langsung dari kenaikan permukaan air laut akibat perubahan iklim.

 

Photo credit: Sean Yoro
Untuk mempersiapkan lukisannya, Yoro menggunakan bor listrik untuk mengukir lembaran akrilik tipis pada permukaan es. Setelah pola lukisan terbentuk, Yoro pun menyelesaikan gambarnya dengan cat. Dia memperkirakan lukisan itu hanya akan bertahan selama beberapa minggu sebelum leleh dan menyatu dengan air laut.

Photo credit: Sean Yoro
Yoro berharap karyanya ini akan menggugah dan menyadarkan banyak orang tentang bahaya global warming bagi kelangsungan hidup manusia. Sebab menurutnya manusia tidak akan merespon kecuali mereka benar-benar melihat bahaya secara langsung.

Photo credit: Sean Yoro
"Hanya dalam beberapa minggu ketika saya ada di sana, gunung es di sekeliling saya terus-menerus retak dan runtuh," tuturnya kepada CNN.

Sebelum membuat lukisan di atas es ini, Yoro sempat menjadi perbincangan di dunia maya karena lukisan realistik yang dia buat di atas saluran air.

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top