Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9



PSKQ, 23 Februari 2015
Kaligrafi Arab

Kaligrafi China-Jepang

Seiring perkembangan agama Islam yang tersebar di berbagai nergeri, seni tulisan indah dari Arab yang biasa disebut dengan kaligrafi Arab ini pun mulai dikenal dan dipelajarai di negara lain termasuk China dan Jepang. Namun demikian, kaligrafi Arab dan kaligrafi China-Jepang memiliki perbedaan dari segi bentuknya. Beberapa perbedaannya adalah :

  1. Pulpen yang digunakan dalam kaligrafi China-Jepang berbentuk bulat, sedangkan pada kaligrafi Arab menggunakan pulpen pipih dan miring sehingga tipis-tebalnya tulisan ditentukan oleh awal goresan pulpen.
  2. Kaligrafi Arab memiliki banyak atribut-atribut, seperti harokat, titik, tanda mad, tanda panjang, hamzah dan lain sebagainya. Di setiap atribut tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Sedangkan pada kaligrafi China-Jepang memiliki atribut yang tidak sekomplek itu.
  3.  Kaligrafi Arab memiliki sejarah lebih dari seribu tahun, dan merupakan perjalanan untuk mendapatkan berbagai macam gaya kaligrafi, sehingga kaligrafi Arab memiliki banyak gaya dan madzhab yang berbeda sesuai dengan lokasi, tokoh, keadaan dan faktor pendukung lainnya. Meski kaligrafi China-Jepang juga memiliki sejarah kaligrafi yang cukup panjang, tapi kaligrafi Arab memiliki variasi lebih banyak.
  4. Kaligrafi Arab dapat diperlakukan untuk segala situasi. Contohnya dalam kaligrafi figural, kaligrafi yang biasa membentuk rumah, binatang, manusia dan lainnya. Ada juga kaligrafi simbolik dan abstrak. Banyak sekali sehingga suatu radio BBC di 1981 menyebutkan bahwa tulisan besar di dunia adalah Arab.

About Elsya Vera Indraswari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top