Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Kudus, 16 Juli 2020.






Harapan dan cita-cita saya dari dulu untuk mendirikan Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi Al Quran atau masyhur dikenal dengan Pskq Modern Kudus Jateng adalah biar Santri atau kader tidak hanya berkutat pada kaligrafi saja tetapi mendalami ilmu-ilmu lainnya yang melengkapinya yang diajarkan dan dipraktekkan di PSKQ Modern.

Ilmu-ilmu yang menunjang kaligrafi diantaranya ilmu arsitektur modern, ilmu desain interior dan eksterior dan Seni terapan yang mencakup banyak hal dengan pengolahan berbagai media/bahan menjadi sesuatu yang bernilai seni tinggi.

Awal-awal PSKQ Modern berdiri bahkan Santri saya sendiri kurang cocok dengan pemikiran saya yang berbeda dengan konsep umum Pesantren Kaligrafi yang pada waktu itu hanya berfokus pada belajar kaligrafi untuk kebutuhan Lomba/ MTQ saja.

Tetapi saya tetap melangkah dan terus berjalan tanpa ragu sedikitpun. Saya terus meyakini langkah saya tersebut dengan terus mengembangkan ekonomi kreatif melalui kaligrafi.

Hal ini karena saya didukung sepenuhnya oleh Mursyid saya Murabby Ruhiy Abah Habib Lutfi Pekalongan, Jawa Tengah.

Beliau memberikan saran agar kaligrafi bisa dikembangkan dan terus diajarkan dengan mengolah berbagai bahan seperti kulit, kuningan bahkan emas kalau perlu. Begitu Abah Lutfi berpesan saat saya sowan bersama Mbah Datuk Undaan Lor, Kudus di Kediaman Abah Lutfi Pekalongan th.2003 dan ini terpatri hingga saat ini.

Jadi bisa juga disebut bahwa konsep atau kerangka dasar pembelajaran PSKQ Modern yang tidak hanya mendalami kaligrafi dan seni terapan ini adalah perintah dan saran dari Habib Lutfi Pekalongan. Beliau bukan hanya ahli dalam bidang ilmu agama tetapi ahli dalam bidang dan seni dan budaya.

Inilah bedanya PSKQ Modern dengan yang lain. Alhamdulillah, terbukti ratusan Kader PSKQ Modern merajai proyek-proyek kaligrafi dan Arsitektur Masjid di manapun berada.

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top