Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Assiry gombal mukiyo, 29 Juni 2016













Siapa sih kaligrafer Indonesia yang tidak kenal Ustaz H. Syaiful Adnan atau Ustaz Syaiful?....
Begitu harum namanya membumbung langit dan mengangkasa. Beliau yang "ngga" mau dipanggil pak haji ini bahkan saya panggil Ustaz saja malah nyengir dan sedikit menolak. Begitu bersahaja dan sederhananya beliau. Padahal di bidang kaligrafi kontemporer beliau adalah samuderanya. Dikedalaman berkesenian Kaligrafi yang tak terhingga. Begitu besarnya anugerah yang telah Allah berikan kepadanya.

Gaya Kaligrafi Kontemporer yang dibuatnya memiliki madhab sendiri yakni "madzhab Syaifuli" begitu indah dan sedap dipandang mata. Sebuah pencapaian tertinggi yang diraih oleh Seorang Seniman Kaligrafi Kontemporer sekaliber beliau, bahkan hingga kini belum tertandingi dan belum ada lagi Seniman Kaligrafi indonesia yang menciptakan gaya baru dalam perkaligrafian.
 
Ketika banyak kaligrafer yang baru meniru karya kaligrafer Dunia beliau justru sudah menciptakan gaya/ Madzhab baru dan melewati itu semua. Bahkan "Madzhab Syaifuli" ini disebut oleh Gubernur Jogya saat MTQ Nasional di Jogya 1991 waktu itu sebagai madhab Gaya ke 10 setelah Naskhi, Tsulust, Diwani, Diwani Jali, Taliq, Riqa, Kufi, Raihani, Maghriby.

Ustaz H.Syaiful Adnan melakukan pameran perdana lukisan kaligrafinya pada MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) tingkat na­sional di Semarang, Jawa Tengah. Sejak tahun 1978, Ustaz H.Syaiful Adnan sudah banyak mengikuti Even-even nasional bahkan internasional, diantaranya pameran visual art Festival Seni Melayu Asia Tenggara 2012 (See MAAF) yang diselenggarakan oleh Badan Kerja Sama-Perguruan Tinggi Seni Indonesia (BKS-PTSI) se-Indonesia dan sejumlah perguruan tinggi negara tetangga, di antaranya Universitas Teknologi Mara Malaysia, Universitas Rajabhat Thailand di gedung Graha Serambi Mekkah, Padang panjang, Sumatera Barat pada bulan November 2012.

Ustaz H.Syaiful juga telah puluhan kali melaksanakan pameran di berbagai negara Asia lainnya, seperti di Jeddah dan Riyadh, Arab Saudi, Jepang, Hong Kong,Singapura, Thailand, Brunei Darusalam, Malaysia dan lain-lain. Karya-karya masterpiece yang diha­silkannya juga dikoleksi oleh beberapa orang kepala negara baik sebagai koleksi pribadi maupun koleksi negara, di antaranya oleh Mahathir Mohamad dan Museum Negara Malaysia, Presiden Republik Islam Pakistan, Zia-ul-Haq, Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam serta beberapa tokoh dunia seperti Karel A. Steenbrink dari Amerika Serikat, Dieter Amsler dari Kanada. Sedangkan di dalam negeri, karya Syaiful Adnan tercatat dikoleksi oleh Istana Negara RI, Adam Malik, A.H. Nasution, Azwar Anas, Alamsjah Ratoe Perwiranegara, Dewi Motik Pramono, dan beberapa tokoh lainnya.

Belum dianggap sempurna ilmu kaligrafi kontemporer kita jika belum sungkem kepada Ustaz H.Syaiful ini. Beliau yang lahir di Saniang­baka, Solok, Padang Sumbar memilki karakter huruf-huruf kaligrafi yang lugas, tegas, beringas dan penuh nafas yang meniupkan kehidupan pada setiap huruf kaligrafi kontemporernya.
 
"Saya terinspirasi dari rumah gadang Rumah adat Minang itu" Ujar Ustaz Syaiful ketika saya bertanya kenapa karakter kaligrafi kontemporer Madzhab Ustaz H.Syaiful sangat khas sekali. Ia menamatkan pendidikan di jurusan seni lukis SSRI/SMSR (SMKN 4) Padang pada tahun 1975. Setelah mengabdikan dirinya pada dunia seni lukis kaligrafi selama puluhan tahun, Ustaz H. Syaiful mendapatkan beberapa penghargaan, diantaranya Medali Emas dalam Kompetisi Seni Lukis Seluruh Indonesia (1982) Penghargaan Affandi Adikarya sebagai Pelukis terbaik.

Ustaz H.Syaiful menetap dan berkarya di Yogyakarta dan mendirikan serambi sekaligus menjadi "rumah Kaligrafi Syaiful Adnan" yang rimbun ditumbuhi disekelilingnya oleh pohon bambu. Begitulah Ustaz H.Syaiful, urusan tempat tinggal dan rumahpun beliau suka dengan suasana natural. Jika kita melihat karyanya maka terpancar jelas begitulah kepribadian Ustaz H.Syaiful yang teduh, hangat, adem dan penuh pancaran pesona ketenangan. Beberapa hari yang lalu salah satu lukisannya dibeli oleh kolektor dari Bandung seharga Rp.150 jt. 

Hari ini Rabu 29 Juni 2016, Santri -Santri PSKQ Modern berkesempatan menimba ilmu kepada Ustaz H.Syaiful dengan menyodorkan karya kaligrafi setiap Santri yang mengikuti Safari Kaligrafi Kontemporer yang diselenggarakan pada tgl 7-30 Juni 2016 di PSKQ Modern. Ustaz H. syaiful begitu detail memberi evaluasi dan koreksi juga motivasi yang sangat berharga.

Semoga kader-kader Santri PSKQ Modern yang mengikuti acara Safari Seni kaligrafi Kontemporer Ramadhan ini banyak mendapatkan kucuran ilmu yang bermanfaat. Amiin.......

================================================================
Illustrasi:
Rangkaian acara Safari Kaligrafi Kontemporer ke Serambi lukis Kaligrafi kontemporer Syaiful Adnan .

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top