Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Assiry gombal mukiyo, 27 November 2014


Foto Assiry Presiden Kaligrafi.


Metode/ cara melukis Kaligrafi Kontemporer sangat kaya variasinya.
Sedikit akan saya ulas dan paparkan cara melukis kaligrafi kontemporer texture yaitu lukisan timbul ala PSKQ Modern (Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi Al Qur an).
Sebelum melukis hendaknya kita menyiapkan apkan alat-alat yang dibutuhkan sebagai berikut:
  1. kanvas, yang sudah di pasang spanram/di bentang atau di lem di sebuah papan triplek yang dudah dipotong sesuai selera.
  2. Cat menggunakan cat acrilyc (cat campuran air) atau juga cat minyak (oil panting) bisa merk apa saja misalnya winsor, greco dll.
  3. Kuas, disini bisa menggunakan macam-macam kuas, dari yang lebar sampai yang berukuran kecil.
  4. Kertas karbot/ duplex atau juga bisa menggunakan spon hati. Ketebalannya bisa disesuaikan dengan selera.
  5. talk/zinkwhite kalau nggak ada pakai semen putih juga bisa itupun kalau terpaksa. Dalam hal ini berbeda bahan akan mngurangi hasil akhirnya.
  6. Lem kayu/putih.
  7. pisau Catter dan gunting untuk memotong kertas karbot atau spon. dan alat tulis kaligrafi (pencil, penghapus, kalam, dan tinta).
  8. pisau palet.
  9. Palet untuk mencampurkan warna.
Jangan lupa siapkan air dan lap secukupnya, setelah semua siap mulai kita melukis.
Ada baiknya sebelum melukis kita membuat desain lukisan atau pemilihan tema dan ayat /hadist, supaya jadinya sesuai dengan yang kita inginkan.

Langkah pertama kita ambil kertas, membuat sket tulisan misalkan yang akan kita tulis lafad ALLAH, memakai pencil, kemudian di tebalkan dengan kalam yang sudah kita sesuaikan ukurannya dengan ruang kanvas.

Setelah selesai membuat sket, kemudian di potong sketsanya sesuai dengan pola tulisan yang kita gores menggunakan pisau catter/gunting, jangan lupa hati-hati jangan sampai hurufnya terpotong dan berantakan.
Langkah berikutnya kita siapkan Talk/zinkwhite, di campur lem putih dan air, kira-kira kadarnya pulen (jangan terlalu lembek atau kental).

Supaya dalam mengaplikasinya lebih enak dan cepat kering, setelah siap adonannya, segera kita tuang dengan menggunakan pisau palet, kita oles-oles pada permukaan kanvas, sesuaikan dengan desain yang telah kita tentukan.

Kemudian kita keringkan sebelum menempelkan huruf yang telah di potong, setelah kering tulisan nya ditempel di atas permukaan kanvas yang di lumuri talk/zinkwhite, jangan sampai ada yang ketinggalan hurufnya, setelah semua huruf di tempel kita lumurin lagi huruf tersebut dengan talk/ zinkwhite usahakan tertutup merata, sampa tidak keliahatan kertasnya, lalu di keringkan supaya kuat ketika di warna nantinya.
Pada bagian akhir kita tinggal memberi warna pada kanvas yang telah kita tempel hurufnya, jangn lupa di siapkan warna-warna yang kita inginkan, ambil kuas dan mengaplikansikannya ke dalam media sesuai selera,
Ada cara yang berbeda didalam mewarnai lukisan texture:

Pertama media kanvas di basahin merata pada bagian yang bertexture menggunakan kuas besar, dengan posisi terlentang supaya airnya tidak tumpah. Atau kalau memakai bahan cak minyak ( oil painting) maka pengencernya mnggunakan minyak khusus untuk cet minyak. Kemudian kita ambil warna yang kita sukai di aduk encer, di kuaskan pelan-pelan dan biarkan catnya mencari jalan sendiri mengikuti alur texturnya.
dalam tahap ini lukisan sudah mempunyai warna beground selanjutnya tinggal mewarnai hurufnya sesuaikan dengan begroundnya, misal beground gelap tulisannya warna terang begitu sebaliknya.
contoh karya yang sudah selesai:
Illustrasi:
Tampak karya Ustaz Haji Purwanto yang dalam proses finishing saat mengajar materi melukis kaligrafi kontemporer di PSKQ Modern..
dan gambar kedua yang sebelah kanan adalah contoh dokumen karya Saya sendiri ukuran 150 x 80 cm Th. 2011 Alhamdulillah sudah terjual Rp.11jtan dibeli pengusaha Batu alam H. Zarnubi Depok dekat kampus UI.
Inilah keuntungan menguasai Kaligrafi tekstur.

Assiry gombal mukiyo.
Foto Assiry Presiden Kaligrafi.


About Elsya Vera Indraswari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top