Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

 PSKQ Modern Kudus, 23 November 2020






Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-28 tahun ini ada 8 cabang yang diperlombakan. Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-28 tahun 2020 di Kota Padang, Sumbar telah berakhir Jumat (20/11/2020) lalu. Saat itu juga, pembacakan daftar pemenang MTQ Nasional 2020 dibacakan dalam acara penutupan di Masjid Raya Sumbar. 

Menjadi ajang bergensi setiap peserta sangat antusias menampilkan hasil terbaik di ajang MTQ Nasional 2020. “Pada Musabaqah Khath Al Quran cabang kontemporer yang diadakan di Padang, Sumbar 2020 beberapa waktu yang lalu para finalis menggunakan gaya yang sama baik penyisihan maupun final. Tidak jauh -jauh dari lukisan planet, air mengalir nun jauh di sana kayak slogan aqua, pohon-pohonan, rerumputan. Selalu tentang itu, untungnya ngga dikasih lukisan ikan biar dijadiin ikan bakar sama dewan juri untuk santapan makan siang,” ungkap Muhammad Assiry  di akun sosial pribadinya. 

Muhammad Assiry merupakan kaligrafer handal sekaligus pemimpin Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi Al-Quran (PSKQ Modern) Kudus. Berpengalaman dibidang kaligrafi humahhad Assiry mempertanyakan terkait kreatifitasan para peserta kaligrafi kontemporer. “Padahal banyak motif yang bisa digunakan sebagai ide corak lukis kaligrafi kontemporer diantaranya, corak geometris, linier, biomorfis dan ekspresi.” Jelasnya. 

Lukisan kaligrafi bercorak geomatris itu adalah kaligrafi yang disusun dalam komposisi bentuk geometris seperti lingkaran, segitiga dan bujursangkar. Corak linier yaitu kaligrafi yang diciptakan dengan menggunakan unsur garis sebagai elemen estetiknya. Corak biomorfis adalah kaligrafi diciptakan berasosiasi dengan mahluk hidup namun sudah mengalami deformasi atau abstraksi. Seperti susuanan huruf dalam bentuk bayang ba yang burung, unta, ikan dan sebagainya. 

Adapun kaligrafi ekspresi adalah kaligrafi yang diciptakan dengan komposisi unsur-unsur rupa secara spontan (ekpresif) dan banyak yang lainnya, anda sendiri bisa mengembangkan tanpa terpaku dengan pakem dan karya yang sudah ada. Sebagai salah satu cabang kaligrafi di MTQ Nasional, Kaligrafi kontemporer (kekinian) merupakan karya seni yang diciptakan seniman muslim untuk mengungkapkan nilai-nilai religius melalui karya seni lukis. Kaligrafi kontemporer, disebut juga Khat kontemporer merupakan karya seni dua dimensi.

“Seluruh pihak dalam hal ini meliputi para pembina, pelatih dan Juri bisa sedikit memotivasi dengan banyaknya ragam gaya lukis kaligrafi kontemporer para peserta bisa eksplore untuk berkreasi tanpa harus menggunakan gaya itu melulu.” Harapannya. 


About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top