Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 26 April 2020






Ada yang berbeda ditengah Ramadhan tahun ini. Tidak hanya umat Muslim di Indonesia, Seluruh dunia pun merasakannya. Kita harus menjalani puasa ditengah pandemi Covid19. Ya, Virus yang mewabah sejak Desember 2019 ini telah mengubah semua tatanan di dunia. Sudah banyak pula korban jiwa yaang berjatuhan. Di Indonesia saja per tanggal 25 Mei 2020, jumlah pasien yang terinfeksi virus ini sudah mencapai 8.607 orang. Dari jumlah itu pasien yang meninggal sebanyak 720 orang, sementara 1.042 orang dinyatakan sembuh. Karena terus bertambahnya jumlah orang yang positif terinfeksi Covid19, Indonesia dan negara-negara lain didunia memberlakukan Physical Distancing guna memutus rantai penularan Covid19 yang semakin mengganas. 

Di Bulan Ramadhan yang biasanya kita bisa berbuka atau Iftar dengan orang-orang tersayang seperti keluarga dan teman-teman, sholat Tarawih dengan berjamaah di masjid, melakukan kajian-kajian maupun i’tikaf di masjid, mudik ke kampung halaman, dan melaksanakan takbir keliling, semua kebiasaan tersebut tahun ini pun sirna. Sesuai dengan himbauan pemerintah yang notabene Ulil Amri tentang Covid19, kita harus fokus melaksanakan semua kegiatan kita dirumah.Mengusung tagar #dirumahaja kita harus taat dan disiplin menaatinya. Ingin menagis rasanya, bertanya-tanya “Ya Allah kenapa Engkau turunkan bala virus Covid19 kedunia? Terlebih ditengah Bulan Ramadhan ini?Pelajaran apa yang ingin kau berikan kepada kami Ya Robb?”. Pasti itu yang berkecamuk dipikiran kita. Tapi sebagai seorang hamba yang beriman, kita wajib ikhlas, menerima, dan ridho atas takdir yang Allah berikan. Disertai dengan Muhasabah atau introspeksi diri, InsyaAllah kita dapat melewati ini semua. Kuncinya adalah senatiasa berprasangka baik dengan semua ketentuan yang Allah berikan. 

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya berpuasa ditengah wabah Covid19 ini memberikan beberapa dampak positif. Diantaranya adalah :
1. Kita akan menjadi pribadi yang lebih sabar

2. Menjadikan kita lebih fokus beribadah dirumah
Karena pemerintah di seluruh dunia telah meminta sebagian besar karyawan untuk tidak pergi ke kantor dan WFH, kita bisa mengerjakan saat lima waktu tanpa merasa diburu waktu dan juga memanjatkan doa selama bulan suci Ramadhan ini dengan lebih khusyuk
 
3. Menjadi lebih sadar atas Keagungan Allah
Ternyata Allah itu yang Maha segalanya. Kalau sudah berkehendak, virus yang sekecil itu saja bisa memprak-porandakan dunia. 

4. Menjadi moment yang tepat untuk berbagi dan saling peduli
Menggalang dana dan ikut memberikan donasi untuk para pahlawan garda terdepan dengan menyumbangkan APD, masker, dan alkes yang lain pasti sangat membantu. Tidak hanya itu, kita bisa berbagi juga dengan orang-orang yang kurang beruntung, dhuafa, dan fakir miskin.

5. Waktu yang lebih banyak untuk mendalami seni kaligrafi
Nah, bagi kalian yang kemarin-kemarin terlalu sibuk dan tidak punya waktu yang cukup untuk mendalami seni kaligrafi, ini saat yang tepat. Kalian bisa membeli buku pedoman dan alat kaligrafi, kemudian mempraktekkannya dirumah atau dengan menonton tutorialnya di youtube channel. 

6. Menjadikan kita lebih dekat dengan keluarga
Karena waktu full 24jam bersama keluarga dirumah, otomatis kedekatan akan terjalin lebih erat. 

Itulah beberapa sisi positif dari adanya Covid19 ditengah bulan Ramadhan ini. Bahagia itu kita yang ciptakan. Tidak usah terlalu banyak syarat untuk menjadi bahagia. Masih bisa membuka maka, bernafas, itu sudah menjadi nikmat yang luar biasa. Jangan biarkan virus ini menghilangkan esensi dan keistimewaan bulan Ramadhan. Mari kita gunakan moment ini untuk meraup pahala yang sebanyak-banyaknya.
Selamat menjalankan ibadah puasa, sahabat..


About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top