Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9


PSKQ Modern, 28 Desember 2018

Pasti temen-temen masih ingat cara mempelajari bacaan Qur'an dgn metode Turutan atau yg dikalangan pesantren biasa disebut Sorongan atau yg lebih dikenal dgn metode Al-Baghdadiyah.

Generasi santri yang sudah tua seperti saya karena sekitar tahun 80'an pasti pernah mempelajari metode ngaji sperti ini sebelum akhirnya diganti dgn metode Iqro' saat memasuki awal 90'an oleh Kementerian Agama pada saat itu.

Metode turutan ini adalah cara mempelajari bacaan Qur'an dgn menggunakan kitab panduan yang dulu lebih populer disebut Ngaji Juz Amma.

Sekedar nambah info saja buat para generasi muslim kelahiran 90'an yg belum tahu, bahwa Turutan ini adalah cara ngaji Qur'an terbaik di dunia yang pernah ada di Indonesia.

Cara mengaji turutan ini biasanya memakan waktu lama, seorang santri tidak diperkenankan pindah ke bab selanjutnya kalau pada Bab pelafalan Makhroj atau lebih dikenal dengan Alif-alifan, santri tersebut belum fasih melafalkan setiap huruf hijaiyah.
Perlu waktu lama memang, bagi seorang santri untuk benar² fasih melafalkan huruf hijaiyah dengan baik dan benar bahkan saya sampai 4 tahun baru naik membaca Al Quran setelah juzz amma khatam.

Saat luluz juz amma kemudian dikhitan/disunat dan naik kuda diiring satu desa. Dikasih ayam ingkung 1 ekor disuruh makan sebelum disunat. Karena pasca sunat ngga boleh makan ikan, ayam, telur dan semacamnya kata orang tua dulu bikin otong alias manuk jadi gatel dan ngga cepat kering luka sunatnya. Seru yah....masa kecilku yang bahagia.

Hayo tolong sebutin, yang pernah ngalamin rasanya ngaji turutan dari kampung mana saja ni?

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top