Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

 PSKQ Modern, 2018

KBRN, Cilacap : Workshop Khat dan Pameran Kaligrafi menjadi bagian dari Pekan Kegiatan Muharram (PKM) 1439 H yang diselenggarakan oleh Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU IV Cilacap.

Tidak tanggung-tanggung kegiatan di Masjid Baiturrahmah Perumahan Pertamina Lomanis ini menghadirkan juara kaligrafi tingkat ASEAN dan dunia, Muhammad Assiry dan seniman kaligrafi Nasional, M. Noor Amin.  

Ketua PKM BDI Pertamina RU IV Cilacap, Agus Rahmat Jamal menyebutkan kegiatan ini merupakan modifikasi dari penyelenggaraan sebelumnya yang hanya fokus pada lomba kaligrafi.
“Selama ini kami hanya menyelenggarakan lomba kaligrafi yang hasilnya memang sebagian tidak memperhatikan kaidah yang dibenarkan dalam penulisan. Maka ketika pegiat kaligrafi Cilacap menawarkan agar lomba kaligrafi tahun ini dilengkapi workshop dan pameran, kami menyambut baik” kata Agus, di sela-sela workshop khat, Jumat (22/9/2017) sore.

Senada pegiat kaligrafi Cilacap, Midhan Anis menyebutkan workshop diselenggarakan sebagai wujud keprihatinan atas mandulnya seniman kaligrafi Cilacap karena tidak lagi mengukir prestasi di tingkat Provinsi maupun Nasional.

“Ini sebenarnya juga menjadi wujud keprihatinan karena banyak pegiat kaligrafi Cilacap yang tidak pernah tembus Provinsi, apalagi Nasional. Nah, hasil riset singkat yang kami lakukan selama ini ternyata dalam berbagai lomba termasuk PKM, didominasi seni lukis murni. Karakter seni Islami dalam kaligrafi masih sangat lemah” jelas Midhan yang juga Direktur International Festival For Indonesian Islamic Cultures & Arts (Iffica).

Maka, kata dia, melalui workshop singkat ini diharapkan peserta yang sebagian besar guru-guru di sekolah itu lebih memahami kaidah penulisan kaligrafi.

“Target minimal, peserta yang kebanyakan guru-guru itu lebih memahami kaidah penulisan kaligrafi yang benar sehingga meningkatkan kemampuan diri untuk selanjutnya disebarluaskan kepada anak didiknya” imbuh pemenang lomba kaligrafi se-Jateng dan DIY tahun 1994 itu.

General Manager (GM) Pertamina RU IV Cilacap, Dadi Sugiana yang secara resmi membuka workshop khat ini menilai seni kaligrafi sangat potensial untuk dikembangkan menjadi industri kreatif.
“Peminat kaligrafi sebenarnya tinggi, namun suplainya yang masih rendah. Kami berharap melalui kegiatan ini nantinya bisa dikembangkan ke arah industri kreatif, sekaligus memberikan pemahaman tentang tata cara penulisan yang benar sesuai kaidah” ujarnya.

Workshop diikuti oleh lebih dari 70 peserta tidak hanya dari Cilacap, namun juga dari berbagai kota lain seperti Purwokerto, Kebumen bahkan dari Bogor, Jawa Barat.
Sementara di hari terakhir PKM 1439 H, Sabtu (23/9/2017) ini ditutup dengan lomba hafalan Alquran, lomba dan demo kaligrafi, fina lomba dai muda, dan tabligh akbar. (Sandy)  

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top