Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Muhammad Assiry
Kudus, Minggu 21 Mei 2017.














Sudah menjadi tradisi menjelang datangnya bulan suci Ramadhan digelar Festival Apeman di desa Budaya dan kampung kaligrafi Indonesia. Meriahnya Festival Apeman ini juga terlihat di Kampung Kue apem, yang berbentuk bundar dan terbuat dari tepung beras dan gula, dipilih masyarakat Jawa Tengah sebagai simbol permintaan maaf sebab konon nama apem berasal dari bahasa arab kata “affuwwun” — yang berarti maaf atau ampunan.

Maksud dan tujuannya selain kumpul warga juga ajang silaturahmi sebelum puasa. Artinya kegiatan ini untuk mengirim doa kepada leluhur sebelum kita menjalankan ibadah puasa.

Festival ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan domestik bahkan dari manca negara. Terbukti dari banyaknya pengunjung domestik dan manca yang ikut meramaikan festival turun temurun ini.

Tujuan diadakan kirab apeman ini adalah agar masyarakat undaan lor dan sekitarnya terdorong selalu memohon ampunan kepada Sang Pencipta. Lambat laun kebiasaan ‘membagi-bagikan’ kue apem ini berlanjut pada acara-acara selamatan menjelang Ramadhan. Harapannya, semoga Allah berkenan membukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya kepada umat muslim yang hendak menjalankan ibadah puasa. Dengan begitu umat muslim yang menjalankan ibadah puasa berharap dapat menjalankannya dengan lapang dada dan tenang juga.

Selain kue apem, terdapat beberapa makanan khas ruwahan jelang ramadhan seperti ketan putih dan kolak hasil pertanian yang melimpah karena sudah diketahui bersama Desa kecamatan Undaan ini terkenal sebagai lumbung padinya kota Kudus. Puncak dari festival ini yakni akan dilakukan pawai dengan mengarak ribuan kue apem melewati seluruh warga Undaan Lor di mulai dari maqam mbah gareng ( Syeikh Abdullah) salah satu tokoh penyebar islam di kecamatan Undaan.

Tampak Santri -Santri PSKQ Modern ikut meramaikan acara tersebut .

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top