Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Assiry gombal mukiyo, 1 Januari 2017


Yang diajarkan dalam islam adalah bagaimana membakar ego dan syahwat. Bakar jagung dan bakar ikan memang tidak diajarkan dalam syareat islam.Tetapi bagaimana makan dan minum dengan makanan dan minuman yang halal dan dengan cara yang halal pula mendapatkannya itu yang diajarkan oleh Nabi.

Perkara ikan mau dibakar, digoreng, disate, disop, dikukus, direndang itu hanya tradisi dan budaya bukan sesuatu yang mahdhoh. Tidak ada masalah dalam syareat Islam. Jagung mau dikrokoti atau dimakan mentah- mentah asal tidak hasil dari nyolong. Ngga jadi soal.

Ko cuma jagung dan ikan bakar, anda makan darah ikan, atau bahkan bangkai ikan sekalipun, hukumnya tetap halal dan dibenarkan dalam syariah Islam. Bahkan meski ikan itu masih mentah, sebagaimana kebiasaan bangsa Jepang.

Dari Ibnu Umar ra. Rasulullah SAW bersabda, Telah dihalalkan untuk bagi kita dua bangkai dan dua darah. Dua bangkai itu adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah itu adalah hati dan limpa.

Mancing ikan kemudian langsung anda makan ikan itu mentah -mentah, atau anda lewat di sawah lihat belalang anda langsung makan "lhep mak nyus" itu boleh -boleh saja.

Kalau pun seseorang merasa jijik karena tidak terbiasa memakan ikan atau belalang mentah, rasa jijiknya itu tidaklah mengubah hukumnya. Hukumnya tetap halal, tetapi kalau masalah selera seseorang tentu tidak bisa dipaksakan.

Tetapi Islam juga mengajarkan makanlah dengan cara yang sangat indah dan menyehatkan. Memperlakukan binatang meskipun halal dengan cara yang manusiawi. Ikan dan belalang juga seperti manusia yang juga punya perasaan perikehewanan.

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top