Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

"Memamerkan karya dari 40 maestro kaligrafi Indonesia."


Merdeka.com, Jawa Tengah - Dalam pameran dan sayembara kaligrafi ada dua kaligrafi karya KH Mustofa Bisri atau yang sering kita panggil Gus Mus menghiasi pameran kaligrafi mushaf Alquran di Hotel Graha Desa Colo, Dawe, Kabupaten Kudus yang diadakan mulai Senin (16/1) hingga Jumat (20/1) lusa.
Masing – masing kaligrafi Gus Mus itu dipatok senilai Rp 1 miliar. Hal tersebut diungkapkan Muhammad Assiry, Ketua Panitia Pameran dan Sayembara Mushaf Kaligrafi se-Indonesia, Selasa (17/1).

Assiry mengatakan selain menyertakan karyanya yang dibanderol masing-masing Rp 1 miliar, Gus Mus juga direncanakan hadir dalam pameran. Acara diselanggarakan dalam rangka Mliad ke 10 Pondok Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi Alquran (PSKQ) Kudus yang di pimpinan Assiry tersebut.
Dalam event hasil kerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus itu, memamerkan karya dari 40 maestro kaligrafi Indonesia. Sejak kemarin karya kaligrafi yang dipamerkan telah dipajang dan bisa dinikmati.

Namun, pembukaan perhelatan itu baru akan dibuka secara resmi dilangsungkan hari ini, juga pengumuman pemenang lomba. Di samping itu sarasehan dan workshop seni menulis halus mushaf Alquran.

Selain Gus Mus, mereka yang memamerkan karyanya yakni Syaiful Adnan, Robert Nasrullah, Yudi Jogya, dan Nurul Huda dari Yogyakarta, Kurnia Agung serta Munadisnnur Jusni (Jakarta), Poniman (Sukabumi, Jabar), Turmudzi, Ali Rahman, Muhammad Assiry, Purwanto Zaun, serta Hakim Rahman (Kudus), Huda Purnawadi serta Muhammad Hamzah (Pati), dan Muhammad Katili (Gorontalo).

Adapun untuk lomba menulis kaligrafi, diikuti 35 peserta dari sejumlah provinsi. Peserta sayembara memilih salah satu surah Alquran yang ditentukan yakni Al Fatihah, Al Baqoroh ayat 252, Al Baqoroh ayat 1-5, Al Insyiriah, At Tin, serta Al Zalzalah.

Karya peserta akan dinilai oleh tim dewan juri yang merupakan maestro kaligrafi Alquran antara lain KH DR Didin Sirajudin LEMKA Jakarta, DR Ali Akbar dari Bayt Al Quran TMII Jakarta,† Isep Misbah MA dan Abdul Khaliq (Banten), Atho’illah Sakal serta Bambang Priyadi (Malang), serta Muhammad Nur Lc.

Juara pertama sayembara kaligrafi mushaf disediakan hadiah Umroh, juara kedua Rp 9 juta, dan juara tiga Rp 7,5 juta. Harapan satu hingga tiga masing-masing memperoleh Rp 6 juta, Rp 5 juta, dan Rp 4 juta. Serta 20 juara favorit mendpat piagam penghargaan dari PSKQ dan souvenir produk PSKQ.

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top