Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 24 Desember 2016


Salah satu koleksi Chester Beatty Conservation adalah sebuah Al-Qur'an megah yang memiliki 890 halaman mahakarya Ruzbihan Muhammad megah 890-halaman Al-Qur'an oleh Ruzbihan Muhammad al-Tab'I al-Shirazi . Chester Beatty Conservation menyelenggarakan pameran bertajuk "Lapis and Gold: the story of the Ruzbihan Qur’an". Selama beberapa tahun terakhir naskah Persia dari abad keenam belas yang luar biasa ini telah dikonservasi secara ekstensif dan dilakukan penelitian, sehingga menghasilkan banyak informasi tentang bagaimana naskah tersebut diproduksi. Pameran ini menyajikan banyak temuan menarik melalui tampilan lebih dari lima puluh satu karya naskah yang luar biasa indah.

Naskah itu dikonservasi penuh pada 2012 oleh konservator buku Rachel Sawicki, untuk kemudian dilakukan perbaikan kertas dengan dibantu konservator Fiona McLees yang bertugas memperhalus konsolidasi zat warna. Naskah ini sekarang dalam kondisi baik dan kurator koleksi Islam Dr. Elaine Wright telah mengambil kesempatan untuk memiliki sejumlah lembar naskah yang terpasang dan dibingkai untuk pameran yang indah ini.


Konservasi ini menjadi sebuah tantangan yang menarik bagi tim konservasi. Sebagian karya hanya akan dipasang sementara untuk pameran ini dan tidak dalam bingkai dalam jangka panjang, sehingga perlu merancang sistem yang memungkinkan naskah tidak mudah hilang ketika pameran berakhir. Tim konservasi menggunakan bingkai Melinex V engsel dari Secol untuk meminimalkan kelembaban pada kertas Persia yang sangat mengilap dan sensitif air tersebut yang dipasang pada semua tepi dari setiap naskah dan menawarkan sistem pemasangan lebih bersifat sementara daripada teknik engsel kertas Jepang dan pasta tepung gandum.




Pembingkaian dilakukan dengan membuat sebuah prototipe gunung selebar 25 mm setiap strip tali polietilena dari Benchmark. Dengan posisi tali di dalam, maka naskah dapat dilipat dan mudah untuk menariknya melalui slot di papan gunung di bagian atas dan bawah naskah. Agar posisi slot tetap tegap, dibuat tanda pensil kecil sekitar 1mm jauh dari tepi setiap naskah di bagian atas dan bawah, sehingga naskah tegap dan dapat dilipat serta mengurangi gerakan yang tidak diinginkan dari objek. Slot miring yang disediakan dapat meminimalisir gesekan untuk mengamankan bingkai tanpa perlu perekat. Metode sederhana namun tidak biasa ini dalam pemasangan naskah Al-Qur'an dari Ruzbihan telah terbukti sangat efektif dan membuat naskah aman selama pameran.











About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top