Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Sulthan Mahmud II mengenakan pakaian ala Eropa

Sultan Mahmud Khan II adalah sultan ke 30 dari raja raja Turki Usmani. Beliau lahir 13 Ramadhan 1199 H (20 July 1785 ). Ayah beliau adalah Sultan Abdul Hamid Khan I. Mulai memangku jabatan ke khalifahan patahun tahun 1223 H pada usia kurang lebih 24 tahun, setelah dicopotnya jabatan saudaranya, Sultan Musthofa IV.
Dikenal sebagai salah satu Khalifah Turki Usmani yang sukses memimpin Daulah Usmaniyah. Beliau melakukan reformasi besar besaran di seluruh wilayah Khilafah Islamiyah. Beliau mendirikan sekolah sekolah baru, rumah sakit rumah sakit, jembatan jembatan, perpustakaan dan sarana sarana penting lain. Dia bisa menjadi khalifah Usmani paling sukses, kalau saja tidak diganggu oleh pemberontakan pemberontakan yang cukup menyita fikirannya. Termasuk upayanya memadamkan gerakan Wahabi di Nejd. 

Beliau adalah khalifah Turki Usmani pertama yang mengenakan Tarbus (peci tinggi dengan tali jambul diatasnya). Juga khalifah pertama yang memakai baju modern ala Eropa dan mengendarai kereta kuda. Sultan sultan sebelumnya memakai surban yang dililitkan dikepala, dengan pakaian jubah dan mereka mengendarai kuda langsung dipunggungnya. 
Pada masanya juga terbit koran untuk pertama kalinya. 
Beliau juga dikenal sebagai pencinta seni. Beliau suka mendengarkan musik, dan kadang kadang memainkan sendiri alat musiknya. Beliau juga merangkai puisi.

Beliau juga seorang kaligrafer dengan tulisan yang sangat bagus, dan sesuai kaidah penulisan yang benar. Beliau menguasai khat dari berbagai macam jenisnya. Guru kaligrafinya adalah Musthafa Raqim. Raqim diangkat menjadi pengajar pribadinya, sekaligus sekretaris kerajaan.

Keberadaan Raqim sebagai gurunya, ditolak oleh penulis kitab Tarikh al-Khat al-Araby, dengan bersandar kepada tahun wafat Raqim tahun 1181 H.  Hanya saja ada bukti bukti tertulis, bahwa Raqim pernah mengajari Sulthan Mahmud II, antara lain adanya tughra atas nama Sultan Mahmud II yang dibuat oleh Musthafa Raqim.
 
 Tughra di tulis oleh Musthafa Raqim
Bunyinya : Mahmud Khan bin Abdul Hamid Mudzaffar Daiman
 
Sultan Mahmud II wafat tanggal 1 July 1839 M (19 Rabiul Akhir 1255 H) -- (ada beberapa versi tahun wafat dan tahun lahirnya).

Beberapa peninggalan karya karya Sulthan Mahmud II masih tersimpan di beberapa museum.
Berikut ini adalah karya karya kaligrafi Sultan Mahmud Khan II :











About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top