Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Radar Kudus, Senin 04 Juli 2016


GADIS bernama Nusrotuz Zulfa cukup lihai menulis kaligrafi. Ia juga beberapa kali menggondol juara lomba kaligrafi. Hingga tingkat provinsi. 

Perempuan kelahiran 4 Maret 1998 ini, mulai belajar kaligrafi sejak duduk di bangku kelas VII MTs Walisongo Jepara. Waktu itu, ada lomba kaligrafi tingkat Kabupaten Jepara. Ia dimotivasi pamannya untuk ikut. ”Paman sudah ahli membuat kaligrafi. Beberapa karyanya ada yang dijual juga,” katanya. 

Setelah mendapatkan motivasi tersebut, perempuan asal RT 4/RW 3, Desa Pecangaan Kulon, Pecangaan, Jepara, ini mau belajar menulis kaligrafi dari pamannya. Tak disangka, ia mendapatkan juara I di lomba itu. ”Padahal itu baru kali pertama saya ikut lomba kaligrafi,” terangnya. 

Keberhasilannya tersebut membuatnya sering dikutsertakan sekolahnya di lomba kaligrafi. Di antaranya pada acara amal bakti Kementerian Agama (Kemenag). Ia menyabet peringkat III. Pada ajang kreasi seni dan olahraga madrasah (aksioma) kabupaten, ia meraih runner up. ”Sampai sekarang (di sekolahnya, MA Walisongo Jepara, Red) juga sering ikut lomba kaligrafi,” ujarnya. 

Ketertarikannya dengan kaligrafi masih ia tekuni hingga sekarang. Saat Ramadan ini, ia menyempatkan diri belajar kaligrafi di Pondok Seni Kaligrafi Qur’an (PSKQ) di Desa Undaan Lor, Undaan, Kudus, di bawah asuhan Assiry, tokoh kaligrafi nasional. Di pondok tersebut, dia harus menginap pada 3-27 Ramadan. “Di pondok kaligrafi saya benar-benar memperdalam kaligrafi dari ahlinya,” ungkapnya saat ditemui di sela-sela belajar di PSKQ baru-baru ini. 

Ia menilai, menulis kaligrafi sama halnya melatih kesabaran. Sebab, membuat tulisan indah butuh kesabaran dan tidak boleh semabarangan. Selain itu, juga dibutuhkan rasa (feeling). Sehingga karyanya benar-benar berasal dari hati. 

Zulfa berharap, dengan ketekunannya tersebut, nantinya ia bisa menyabet juara tingkat nasional bahkan internasional. ”Pengennya bisa ikut lomba tingkat nasional,” jelasnya. (rin/lin)

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top