Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 06 Oktober 2016


Halloo….sahabat pecinta kaligrafi….kali ini saya akan membahas artikel mengenai tokoh kaligrafi Diwani bersama Syekh Mukhtar Alam. Kalian semua bisa memanggil beliau dengan Mukhtar Alam atau Mukhtar Alim biar lebih akrab githu….kan pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, hehehe… Mukhtar Alam ini adalah seorang kaligrafer senior yang ada dimekkah yang merupakan penulis kiswah ka’bah yang sangat terkenal dikangan kaligrafer-kaligrafer diseluruh dunia. Sejak kecil beliau sangat berminat untuk menghafalkan Al-Quran yang membawanya pada seni kaligrafi, dan beliau mempelajari kaligrafi sejak umur 10 tahun.
Mukhtar Alam lahir pada tahun 1382 Hijriyah, atau sekitar tahun 1963 Masehi. Beliau sudah hafal Al-Quran sejak tahun 1398/1978 (kurang lebih waktu umurnya 15 tahun). Beliau bercerita, ketertarikan beliau pada kaligrafi dimulai sejak mendapat saran dari temannya untuk mengikuti  daurah soifiyah lil khattil arabi (kursus kaligrafi musim panas) yang diadakan di Masjidil Harom Makkah, dimana kebetulan beliau juga mempelajari Al-Qurán disana. Beliau ingat kata-kata temannya: “Kamu itu unggul dalam kecepatan menghafal Al-Qurán, nanti kamu juga akan mahir dalam bidang kaligrafi.”

Syeikh Mukhtar Alam mengajar kaligrafi di berbagai universitas di negara Arab, dan saat ini beliau bekerja di pabrik pembuatan Kiswah Ka'bah sebagai kaligrafer. Mengenai prestasinya, beliau pernah meraih juara ke-2 dalam kategori kaligrafi Diwani, pada Perlombaan Kaligrafi Internasional yang diadakan di Turki pada tahun 1413 H. Beliau juga pernah meraih juara 3 dalam bidang Tsuluts Jaly diajang yang sama pada tahun 1417 H.

Berikut ini adalah beberapa karya Syeikh Mukhtar Alam : 
Innallaaha Jamiil Yuhibbul Jamaal
Inna Awwala Baitin Wudi'a linnaas...
Doa Kifarat Majlis
Walaa tahsabannalladzina qutiluu fi sabiilillahi amwaat...
Allahumma Sholli Alaa Muhammad
Wahuwal Qaahiru Fauqa Ibadihi


 Ucapan Lebaran
 Inna Haadzihii Ummatukum Ummatan Wahidatan






About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top