Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 07 Oktober 2016




Surah Al-Fatihah merupakan surah yang familiar dikalangan ummat agama islam, karena keistimewaan surah Al-fatihah dijadikan bacaan dalam sholat wajib maupun sholat sunnah. Selain itu surah Al-Fatihah memiliki keistimewaan khusus yaitu yang merupakan surah pembuka dalam Al-Quran, surahnya yang tidak terlalu panjang (hanya 7 ayat) dilirik para kaligrafer. Kaligrafer banyak yang mengeksplor keindahan dari surat Al-Fatihah tersebut kedalam tulisan kaligrafinya, sehingga banyak variasi karya kaligrafi yang dihasilkan oleh para kaligrafer.


Seorang guru kaligrafi pernah mengatakan tentang kesulitan dalam membuat tulisan kaligrafi surah Al-Fatihah yang berbunyi: 
"huruf paling sulit ditulis adalah huruf alif, sedangkan kata paling sulit adalah lafdzul jalalah (الله), sedangkan kalimat paling sulit adalah basmalah, dan surah paling sulit adalah al-Fatihah. Anda akan merasakan kesulitannya setelah anda mencoba."  

Berikut ini adalah beberapa karya kaligrafi Surah Al-Fatihah  :


Tsuluts
 


 Diwani




Diwani Jali
 


 Naskh






Farisi

 


 Tsuluts

 



Naskh



 Al-Fatihah Memutar sangat indah









About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top