Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9



PSKQ Modern, 03 Okteober 2016


Kaligrafi pada saat ini tidak hanya dikembangkan sebagai tulisan indah yang memiliki kaidah spiritual saja tetapi kaligrafi sudah mulai dikembangkan dalam konteks seni rupa atau visual art.

Didin Sirojuddin AR, Guru Besar Kaligrafi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, mengatakan kaligrafi Islam dibedakan menjadi dua yaitu tulisan dan lukisan.

Sedangkan lukisan kaligrafi itu sendiri terbagi menjadi 2 yaitu murni dan bebas. Lukisan kaligrafi murni biasanya menggunakan bentuk huruf baku, yang biasanya dibuat oleh lulusan pondok pesantren, sedangkan lukisan kaligrafi bebas tidak menggunakan huruf baku yang dikerjakan oleh seniman akademik.

“Aneka bentuk lukisan kaligrafi mengandung dua elemen, fisioplastis dan ideoplastis,” katanya saat stadium general bertema Olah Kaligrafi dan Humanisi Mushaf Al Quran di Indonesia dalam situs resmi UIN Jakarta, Sabtu (10/9/2016).  

Menurut bekiau, dalam konteks fisioplastis dan ideoplastis tersebut kaligrafi menjadi jalan, namun bukan pelarian bagi para seniman lukis yang ragu untuk menggambar makhluk hidup.

Sebab, dalam aspek seni rupa kaligrafi memiliki keunggulan pada faktor fisioplastisnya, pola geometrisnya, serta lengkungan ritmisnya yang fleksibel sehingga mudah divariasikan dan menginspirasi secara terus-menerus.

“Perkembangan lain dari kaligrafi di Indonesia sendiri adalah dimasukkan seni ini menjadi salah satu cabang yang dilombakan dalam event Musabaqoh Tilawatil Quran. Maka dari itu lestarikan terus kaligrafi di Indonesia melalui event-event itu,” ujarnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa seni kaligrafi merupakan bentuk budaya Islam yang pertama ditemukan di Indonesia dan menjadi aset budaya Islam terdepan hingga kini.

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top