Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9


 PSKQ Modern, 07 Oktober 2016

Syeikh Hasan Celebi yang merupakan kaligrafer terkenal di Turki lahir tahun 1937 di Provinsi Erzurum Turki sebelah timur Anatolia. Beliau tumbuh sebagai anak desa yang sederhana, pada saat itu belum ada sekolah didesannya, sehingga bealiau tidak menempuh pendidikan formal saat itu. Meskipun tidak menempuh pendidikan formal, tetapi beliau saat itu sudah mulai belajar menghafalkan Al-Qur'an dibawah bimbingan pamannya, Yusuf Thosy. Waktu itu tidak banyak tersedia kertas dan pensil, sehingga ia membuat pena dan tinta sendiri.

Pada tahun 1954 beliau pergi ke Istambul, yang merupakan sebuah kota peradaban dan pendidikan di Turki. Beliau mengikuti daurah penghafal Al-Qur'an, dan menjadi seorang juru adzan (muadzin) di sebuah masjid di Distrik Uskudar. Suatu ketika beliau mengujungi beberapa masjid dan beliau tertarik dengan hiasan kaligrafi yang ada didinding masjid. Kemudian beliau berkenalan dengan salah seorang imam masjid yang memiliki keahlian kaligrafi. Beliau diberi contoh-contoh kaligrafi dari berbagai jenisnya, dan mulailah beliau berlatih.

Kemudian Hasan Celebi bertemu dengan Hamid Al-Amidi dan menyuruhnya belajar kaligrafi pada Musthafa Halim. Tetapi Hasan Celebi hanya 4 bulan belajar pada Musthafa Halim, karena gurunya itu mengalami kecelakaan mobil dan meninggal dunia. Maka Hasan Celebi kembali lagi kepada Hamid Al-Amidi dan diterima sebagai murid.

Pada Hamid Al-Amidi, beliau belajar kaligrafi Tsuluts  dan naskh selama 2 tahun. Selama itu beliau hanya mengulang ulang kalimat rabbi Yassir Walaa Tu'assir Wa Rabbi Tammim Bil Khair. Beliau  juga belajar kaligrafi ta'liq pada kaligrafer Kamal Yatanai. Pada tahun 11971H, kedua ustadznya itu memberikan ijazah kaligrafi padanya. Setelah itu beliau mulai banyak berkarya dan mengajar kaligrafi. Namanya pun  mulai terkenal di Turki, dan beliau didatangi orang yang ingin menjadi murid.

Diantara murid-muridnya itu yang paling menonjol dan beliau beri ijazah adalah: Dawud Bektasy (Turki), muhammad Zakariya (USA), Muhammad Buhairi (Aljazair).

Karya-karya Hasan Celebi sagatlah banyak, terutama yang ia tulis di masjid-masjid di banyak negara antara lain Turki, Kuwait, Arab Saudi, dan lain lain. Beliau  juga menjadi juri tetap bagi pusat lembaga kaligrafi IRCICA.

Berikut ini adalah beberapa karya Hasan Celebi :
























Sumber: https://kaligrafi--islam.blogspot.co.id/2016/09/hasan-celebi.html

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top