Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9





Assalam alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam virus-virus kaligrafi yang meneduhkan jiwa. Sahabat, guru dan para pecinta kaligrafi dimanapun anda berada. Ya'qut Al-Mu'thasimi Al Khatthath Iraq mempersyarakatkan bahwa karya kaligrafi disebut indah bila karya tersebut membiaskan pengaruh indahnya kepada hati, jiwa, dan pikiran kita. Misalnya, pengaruh dakwah dipantulkan dari tulisan kaligrafi yang indah. Karena menurutnya Kaligrafi adalah arsitektur rohani yang lahir melalui perabot kebendaan.
Inilah yang memacu kami sebagai Pengasuh dan Pendiri PSKQ Modern untuk terus membiaskan nilai dan keindahan kaligrafi yang semoga terus bisa memancar kedalam hati, langkah dan perilaku kita agar juga menjadi semakin baik dan indah.
Sayembara Kaligrafi Mushaf Tingkat Nasional ini adalah lomba Kaligrafi Mushaf Pertama di Indonesia yang pyur dan murni menggunakan illuminasi tezhip (turki) atau tadzhib yang dalam bahasa arab berarti illuminasi dengan kombinasi serbuk emas/warna emas, sehingga karya terlihat semakin cantik dan anggun.
Sayembara ini kami selenggarakan dalam rangka Harlah PSKQ Modern yang ke 9, yang sejak berdirinya pada tgl 17 Januari 2007 atau bertepatan dengan lahirnya putri jelita saya yang pertama yakni Divany Bilqyz Assiry.
Puji Syukur saya yang tidak terhingga kepada Allah SWT dan kado untuk kekasihku Muhammad SAW, yang telah mengantarkan kita dengan cahaya Al Quran sebagai pedoman hidup dan kehidupan kita bersama.
Kami berharap dan melangitkan doa semoga Sayembara kaligrafi Mushaf Nasional ini menjadi ajang silaturrahmi Pesantren Kaligrafi, Sanggar kaligrafi, sekolah kaligrafi, para penggiat kaligrafi, Seniman, dan Master kaligrafi di seluruh pelosok negeri untuk terus mempererat kemesraan "ukhuwah islamiyyah" kita sebangsa dan setanah air. Juga untuk mentadabburi Kaligrafi Al Quran tidak hanya kepada raga keindahannya ketika mata memandang semata tetapi lebih kepada ruh dan essensinya sehingga cahaya keindahan Al Quran itu menjadi cahaya bagi langkah kehidupan kita sebagai 'Abid atau hamba Allah, "wama khalaqtu aljinna wal insa illa liya'buduni".
Kami juga mengundang seluruh aktivis kaligrafi baik yang aktif berkecimpung dalam MTQ mania, dan para Seniman kaligrafi yang sudah langlang melintang di dunia persilatan kaligrafi untuk bisa meramaikan dan menyemarakkan Sayembara Kaligrafi Mushaf ini dengan ikut berpartisipasi mengirimkan karya -karya indahnya. Baik yang masih pemula dalam belajar kaligrafi maupun yang sudah tidak mungkin lagi diragukan kehebatannya dalam meracik warna, mendesain illuminasi atau tezhip hingga menembus rasa dan menari -narikan gemulai qalamnya hingga menjadi karya masterpiece yang tak terkira indahnya.
Dewan Juri Lomba Sayembara Kaligrafi ini adalah terdiri dari para Master Kaligrafi, Seniman Kaligrafi, Pimpinan Pesantren Kaligrafi yang tidak mungkin diragukan lagi kemampuan, kedigdayaannya sebagai kaligrafer yang aktif.

Saya sendiri sebagai Shahibul bait, panitia Lomba atau khadim. Tugas saya tentunya bukan ikut -ikutan menjadi juri Kaligrafi karena minimnya kemampuan saya, tetapi tugas saya adalah melayani semua tamu dan lainnya bahkan siapa saja yang hadir berkunjung di Gubug PSKQ.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan Acara Ngopi budaya di Arjuna Resto, Pameran Kaligrafi Nasional di Pesanggrahan griya Muria Colo Kudus dan lainnya yang diikuti Seniman Kaligrafi Tingkat Nasional, diramaikan dengan Bazar dan masih banyak acara lainnya yang sayang jika dilewatkan.
Acara ini terselenggara atas kerjasama Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kab. Kudus, Kantor Arsip Kab.Kudus, CV.Assiry Art, Arjuna Resto & Assiry Gallery, PSKQ Shop, Clhoting gombal mukiyo dan semua pihak yang membantu terlaksananya acara ini.
Wassalam alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Kudus, Selasa 18 Oktober 2016
Muhammad Assiry
PRESDIR PSKQ Modern.


About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top