Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Assiry gombal mukiyo, 23 Oktober 2016
 

Kelebihan orang punya karya itu (dalam bidang apa pun), walaupun karyanya dibeli orang atau sudah jadi milik orang lain, tapi tetap nama si penciptanyalah yang akan disebut orang. Misalkan anda membeli buku novel karya Andrea Hirata, secara hukum barangnya adalah milik anda, tapi kalau anda ditanya orang, itu novel siapa? Maka secara otomatis anda akan bilang, "itu novel (karya) Andrea Hirata."
Demikian juga lukisan, jika anda membeli lukisan Affandi, dan ketika dia tergantung di dinding rumah anda dan ada orang yang menanyakan, "itu lukisan siapa?" Pasti anda tidak akan nekad bilang, "itu lukisan saya," tapi justru dengan bangga anda akan bilang, "itu lukisan Affandi."

Ada sebuah lukisan kaligrafi indah yang terpampang pada dinding sebuah rumah megah. Atau ada illuminasi memukau berpadu dengan kaligrafi yang dikemas dengan warna yang cantik di sebuah kubah Masjid. Tentu nama anda yang disebut jika memang anda adalah pembuatnya.

Saya sendiri banyak bertemu orang-orang hebat dengan beragam profesi, mulai dari Menteri, Gubernur, Pengusaha, Pimpinan Pesantren, Ulama, Kolektor, Pengurus Masjid dan DKM dan siapapun saja dan dimana saja adalah karena dipertemukan oleh karya, bukan karena lobi yang hebat atau kasak-kusuk sana-sini, apalagi bertingkah sok akrab dengan mereka. Bukan, tapi karya-karya itulah yang mendekatkan, mempertemukan, dan menarik mereka ke dalam kehidupan saya. Meskipun terkadang sepanjang malam harus saya lalui hanya dengan mengutak-atik komposisi warna dan lukisan, tentu untuk menghasilkan sebuah karya baik lukisan maupun kaligrafi yang indah menurut saya.

Maka berkaryalah, atau dilupakan dan hilang ditelan jaman, entah anda pemula atau tidak yang penting teruslah berkarya, tidak menjadi penting karya itu pada suatu ketika ada di tangan siapa, di Masjid mana, lukisanmu dibeli oleh kolektor mancanegara atau cuma gagah bersandar pada dinding rumahnya ketua RT yang memilikinya. Tapi nama anda akan abadi, bahkan sesudah kematian menjemputmu.

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top