Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Assiry gombal mukiyo, 21 Mei 2016



Selama ini kita mengacaukan arti moral dan karakter. Moral itu kaitannya dengan baik atau buruk. Selama ini kita menyebut pendidikan karakter tetapi maksudnya pendidikan moral atau ditujukan agar siswa berperilaku baik. 

Padahal karakter itu bukan seperti itu. Karakter itu adalah ciri khusus, karakter itu hubungannya dengan kecenderungan spesifikasi. Anjing itu berbeda dengan kucing. Pendidikan karakter berurusan dengan pengembangan potensi-potensi khusus atau unik setiap manusia.

Kalau memang maksudnya adalah pendidikan moral ya sebut saja pendidikan moral ( akhlak) tetapi kalau yang dimaksud adalah pendidikan karakter, maka kita harus mengerti betul mengenai apa yang dimaksud dengan karakter.

Justru Siswa-siswa kita sudah semakin berkarakter dan modern. Artinya mereka memilki karakter yang lebih berani dan semakin menantang tidak monoton misalnya siswi -siswi ngerokok berjamaah, atau bugil pamer paha merayakan kelulusan dan lainnya. Apa jangan -jangan karena pemahaman kita terhadap karakter yang sesungguhnya maksud kita adalah perbaikan moral adalah abu -abu maka yang terjadi mereka memahaminya salah kaprah.

Akhirnya yang tidak bermoral justru itu dianggap berkarakter, dan yang sesungguhnya bermoral dianggap tidak berkarakter. Lama -lama kita tidak bisa membedakan mana beol dan mana roti. Sehingga bisa jadi kita ingin sarapan dengan roti dan secangkir kopi tapi salah persepsi sehingga tai yang kita makan lahap sambil nyeruput kopi.

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top