Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9






Selamat saya ucapkan kepada Ustaz Muallimin 24 th.( Mual Kalijaga) Kader PSKQ Modern atas prestasi juara 1 Kaligrafi golongan Naskhah tingkat Prop.Jawa Barat di Tasik Malaya pada tgl.16 - 23 April 2016, Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 34 mewakili kafilah Kota Bogor.

Saya betul -betul bangga sekali atas prestasi yang telah diraih oleh Ustaz Muallimin. Tidak sia-sia saya ikut begadang malam kamis sampai pukul 3.30 WIB pagi, menjelang persiapan final yang jatuh pada pagi harinya yakni kamis 21 April 2016. Dengan membantu membuatkan sketsa Tsulust, penataan penggalan setiap ayat sesuai kaidah imlaiyyah dan pola ala kadarnya ketika teks ayat final sudah dibagikan secara resmi hingga selesai maksimal.

Apa yang saya lakukan adalah hanya sekadar menaburi sedikit garam agar ketika final Ustaz Muallim bisa fokus menghidangkan dan menyelesaikan menu karyanya dengan sedap dan lebih gurih. Toh hubungan Guru dan Murid itu tidak bisa diputuskan sanad keilmuannya hingga akhir Masa. Ini sudah menjadi tugas dan kewajiban saya tentunya untuk terus mendorong dan membantu sebisa saya setiap kader PSKQ Modern untuk meraih puncak prestasi hingga titik nadir. Semoga saya ikut kecipratan berkahnya dari Ustaz Muallimin. amiin.

Sangat mengejutkan memang, karena Ustaz Muallimin baru pertama kali terjun di MTQ Jabar. Yah Seperti pendekar yang baru turun gunung. Saya terharu bila mengingat kembali ketika Ustaz Muallimin belajar kaligrafi dari dasar/nol di PSKQ th. 2011 setelah lulus dari MA /SMA Al Irsyad Demak, Jateng.

Dalam Surat Al Alaq disebutkan bahwa Iqra wa rabbukal akrom alladzi allama bilqalam (Bacalah dan tuhanmu maha lebih mulia, yang mengajarkan dengan perantaraan qalam). Semoga kita semua khususnya kader -kader PSKQ Modern bersama Allah di dalam “al-akrom-Nya”, karena sebagai guru dan Murid kita semua bersinggungan dengan metode, cara, sarana, maintenance pendidikan/pengajaran. Itulah makna qalam.

Saya memang belum bisa menjadi guru yang ideal ketika mendidik dan mengajar, lebih tepatnya saya hanya petani yang hanya bisa menanam. Menanam apa saja yang bisa saya tanam. Melakukan apa yang bisa saya lakukan.

Tetapi kalau bicara mendalam, siapa sih yang sesungguhnya maha mengajar? Pendidikan itu dalam bahasa Arabnya adalah tarbiyah. Tarbiyah serumpun dengan kata Rob (Tuhan Pengasuh). Tarbiyah dan Rob berakar kata ro’ dan ba. Bentuk huruf ro’ itu melengkung, mengisyaratkan sifat menyesuaikan diri. Sementara ba itu secara bentuk menandakan sesuatu yang mampu memangku atau menampung. Jadi oleh Tuhan secara simbolis sudah didesain sedemikian rupa sehingga mendukung makna yang dikandungnya. Allah sebagai Rob itu merupakan pengasuh/pengajar. Maka jika kita berdoa terkait dengan fungsi Tuhan sebagai pengasuh/pengajar maka sapaannya adalah Ya Rabbi, bukan yang Ilahi. Sebab Ilahi itu tersusun atas huruf yang tegak dan kaku (alif dan lam dan ha yang beda sifatnya dengan ra' dan ba.
 
Artinya seorang Guru harus menjadi pribadi yang luwes dan lentur tidak kaku, juga menjadi samudera yang tidak berubah rasa asinnya hanya karena dipenuhi oleh sampah dari perilaku setiap muridnya sekaligus memberikan kenyamanan dan petunjuk -petunjuk yang bijak dalam menentukan keputusan -keputusan untuk ikut menggapaikan cita -cita murid- muridnya.

Malam ini saya mengatupkan beribu Syukur kepada Allah Azza Wajalla yang maha indah. Bersama kader -kader PSKQ yang lain ikut bergembira karena begitu besarnya Allah memberikan bercangkir-cangkir "Oase Prestasi" yang terus-menerus membuncah dan mengalir menelusup ke ulu hati setiap kader PSKQ Modern.

Semoga atas prestasi juara 1 Kaligrafi dan Hadiah ONH ( ongkos Naik Haji) dari PEMDA kota Bogor ini menjadi motivasi yang lebih baik untuk prestasi -prestasi lainnya yang lebih tinggi untukmu Ustaz Muallimin. Amiin.

===============================================================
 
Illustrasi:
- tampak dalam foto ( gambar 1 dan 2) Sketsa komposisi dan susunan ayat yang saya berikan kepada Ustaz Muallim dan mentashih "goresan kasarnya" sebelum tampil final hingga maksimal.
- gambar 3 dan 4 karya Kaligrafi final pilihan dan wajib yang harus selesai 7 jam plus istirahat.
- Foto Ustaz Muallimin 2015 ketika berpose didepan karya Kaligrafi Masjid Kampus UNISDA Lamongan Jatim ketika menjadi team penulis kaligrafi proyek Assiry Art & PSKQ Art diberbagai Masjid diseluruh Indonesia ( 2012- 2015).

Muhammad Assiry
PRESDIR Assiry Art & PSKQ Modern

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top