Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9




-          Guru memberikan blanko koreksian yang diberikan kepada seluruh santri untuk melakukan koreksi atau evaluasi karya kaligrafi setiap hari kepada guru pembimbing.
-          Guru memberikan tugas membuat karya kaligrafi pada media kertas setiap hari untuk santri pemula dan memberikan tugas karya kaligrafi maupun seni rupa baik yang berbentuk lukisan atau media tembok dan lainnya bagi yang sudah lulus materi kaedah huruf kaligrafi yang terdiri dari 7 macam khot dan materi lukisan sehingga bisa dipantau terus perkembangannya.
-          Guru duduk dibagian belakang kelas untuk memberikan kesempatan kepada santri memperhatikan papan tulis atau berada dibagian pojok yang dapat dilirik santri-santri di sekelilingnya untuk mengoreksi tulisan atau karya seni rupa mereka.
-          Guru membetulkan tulisan atau karya seni rupa santri dalam lembar karya mereka yang telah dipersiapkan dan memberikan koreksian dengan menggunakan tinta yang berbeda dengan tinta karya santri untuk mempertegas dan menunjukkan karya yang masih salah.
-          Untuk lukisan, guru memberikan petunjuk-petunjuk praktis dengan cara memberi komentar secara lisan maupun tulisan tanpa harus mencorat-coret karya lukisan tersebut untuk dibenahi.
-          Guru memperhatikan ujung pelatuk kalam kayu/ bambu sehingga keserasian potongannya senantiasa terjaga.
-          Untuk peralatan seni rupa seperti kuas, palet dan lainnya, guru memberikan arahan bagaimana cara menggunakannya sesuai dengan kebutuhan karya seni yang dibuat.
-          Guru mengoreksi karya kaligrafi santri selalu berpatokan dengan ukuran standart titik sehingga santri bisa langsung memahami dan mempraktekkannya sehingga kesalahan dalam penulisan ukuran huruf tidak sering terjadi bagi santri pemula.
-          Guru memberikan motifasi pada setiap santri sekaligus evaluasi secara umum seminggu sekali untuk memupuk semangat belajar santri. Biasanya di PSKQ dilakukan setiap malam Jumat setelah pembacaan Al-Barjanji dan Yasinan.
-          Santri PSKQ yang tidak lulus pada salah satu materi, harus mengulang kembali sampai dinyatakan lulus oleh guru pengampu baik materi kaligrafi yang berjumlah 7 khot maupun seni rupa. Sehingga letak kelulusan santri tidak diukur pada program pendidikan diklat 1 tahun, tetapi ditentukan oleh hasil atau kwalitas karya akhir santri berdasarkan standar kwalitas karya master kaligrafi maupun seni rupa.

About Elsya Vera Indraswari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top