Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 08 Mei 2015


Tulisan kali ini akan membahas bagaimana caranya membuat pena kaligrafi dari bambu atau handam ala seorang kaligrafer bernama Tsair Syakir Al Atraqji yang dimuat dalam forum war2u.com . Saya angkat tutorial ini karena cara yang diajarkannya sedikit berbeda dengan cara pemotongan bambu pada umumnya. Biasanya pelatuk pena dipecah untuk memberi jalur aliran tinta. Tetapi Al-Atraqji malah melubanginya, dan hasilnya, aliran tinta lebih lancar. Berikut ini cara caranya mudah mudahan bermanfaat : 

a.        Langkah 1
Ambil bambu dengan panjang yang mencukupi (tidak usah mempermasalahkan berapa cm panjangnya. Kalo saya, yang penting nyaman dipegang)

b.        Langkah 2
Rendam dulu bambu kedalam air sekitar 4 sampai 6 jam. Tujuannya agar bambu tidak terlalu keras ketika dipotong. Tidak usah direndam juga bisa, tapi harus hati hati memotongnya karena sangat keras, dan mengurangi kerapihan dan kehalusan.

c.         Langkah 3
Mulai memotong ujung yang sudah direndam. Potong dengan rapi, tidak usah tergesa gesa. Cara potongnya letakkan jempol dibawah bambu. Hati hati dengan jempolnya.

d.        Langkah 4
Teruskan meraut sampai mendapatkan bentuk. Kemudian lakukan pemotongan miring pada ujungnya dengan pisau. Tingkat kemiringannya disesuaikan dengan jenis khat yang hendak di garap.
Perlu diperhatikan, dalam memotong ujungnya lakukan dengan sekali tetak supaya hasilnya rata dan halus ketika dibuat menulis. Jangan dipotong berulang ulang seperti orang menggergaji.

e.         Langkah 5
Balik bambunya pada sisi satunya. Kemudian lakukan perautan sedikit pada ujungnya, sesuai ketebalan pena yang diinginkan. Jangan terlalu banyak diraut supaya pena yang dihasilkan tidak terlalu tipis.

f.         Langkah 6
Buatkan lobang dengan pisau atau paku secara hati hati. Kemudian dari lobang itu buat jalur tinta memanjang sampai ke ujung. JALUR TINTA JANGAN SAMPAI PECAH (TEMBUS )
(ini adalah cara Al-Atraqji. Adapun kaligrafer lain, lebih suka membuat jalur tinta dengan cara memecahnya dengan cutter)

About Elsya Vera Indraswari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top