Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ, 4 Februari 2015

Contoh karya seni kaligrafi China karya Abu Bakar Chang yang dipamerkan di Sulaiman Resto, Jakarta.(Shodiq/SI)

Pameran seni kaligrafi Arab-China dan lukisan kaligrafi tradisional China telah digelar pada 23-25 Januari yang lalu. Pameran dilangsungkan di Gedung Cabdra Naya, Jakarta.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Asosiasi Kesenian Kaligrafi dan Lukisan Ningxia-Arab, China, bekerjasama dengan Yayasan H. Kariem Oei, didukung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Indonesia Association for Religion and Culture (IARC), dan Lembaga Kerjasama Ekonomi, Sosial, Budaya Indonesia-China (LIC).

Asosiasi Kesenian Kaligrafi dan Lukisan China-Arab adalah perkumpulan para seniman yang mendiami wilayah Ningxia, China. Wilayah tersebut merupakan daerah otonomi setingkat provinsi dengan mayoritas penduduknya beragama Islam atau dikenal dengan suku Hui.

Pameran ini menampilkan 80 lukisan dan kaligrafi hasil karya dari 20 seniman perkumpulan asosiasi tersebut. Lukisan khas China memiliki goresan sederhana yang mengandung simbol-simbol yang sangat kaya. Tema-tema seperti alam, angin, air, awan, binatang mengandung nilai-nilai pengertian yang mendalam. Kaligrafi Arab-China sendiri tidak lepas dari peninggalan sejarah perdagangan dunia yang melewati jalur sutera. Kaligrafi jenis ini bergaya Sinni yakni percampuran gaya goresan kaligrafi China dan Arab.

Selain pameran lukisan, dalam acara ini diadakan workshop langsung oleh seniman asal Ningxia, Zhang Aibu kaligrafer yang menekuni kaligrafi campuran Arab dan China,  Zhang Ha Yun kaligrafer China, serta  Xu Don Jun  pelukis tradisional China.



Sumber : Suara Islam Online

About Elsya Vera Indraswari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top