Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9



PSKQ, 23 Februari 2015
Kaligrafi adalah tulisan indah dalam huruf arab. Kaligrafi biasanya digunakan sebagai hiasan dinding, gapura, atau nisan.Batu nisan pertama yang ditemukan di Indonesia adalah batu nisan pada makam Fatimah binti Maimun dan beberapa makam lainnya dari abad-abad ke-15. Sedangkan kaligrafi pada gapura terdapat di gapura makam Sunan Bonang di Tuban, gapura makam raja-raja Mataram, Demak, dan Gowa.



1. Makam Fatima binti Maimun Gresik, Jatim Abad 13 M 

Fatimah binti Maimun bin Hibatullah adalah seorang perempuan beragama Islam yang wafat pada hari Jumat, 7 Rajab 475 Hijriyah (2 Desember 1082 M). Batu nisannya ditulis dalam bahasa Arab dengan huruf kaligrafi bergaya Kufi, serta merupakan nisan kubur Islam tertua yang ditemukan di Nusantara. Makam tersebut berlokasi di desa Leran, Kecamatan Manyar, sekitar 5 km arah utara kota Gresik, Jawa Timur.


Nisan makamnya dihiasi dengan pahatan kaligrafi bergaya kufi. Adapun isi pahatan kaligrafi itu antara lain:

  • Bagian awal hampir seluruh kolom aus dan sulit dibaca, terdapat bentuk tulisan yang diperkirakan basmallah, kemudian dilanjutkan Surat Ar Rahman ayat 26.
  • Surat Ali Imran ayat 185.
  • Nama Fatimah binti Maimun bin Hibatallah yang meninggal hari Jumat tanggal 12 Rabiul Awal.
  • Tahun wafatnya yaitu 495 H/1082 M.
  • Penutup yang diakhiri dengan bacaan shadaqallahu wa shadaqa rasulu al Karim

2. Makam Ratu Nahrsiyah Samudra Pasai Abad 14 M S. Pasai
Di Matangkuli, Kecamatan Minye Tujoh,Aceh Utara, terdapat sebuah makam kuno yang nisannya bertuliskan bahasa Arab dan Jawa Kuno.. Sebuah makam yang demikian indah di situs purbakala Kerajaan Samudera Pasai di Aceh Utara. Makam yang terbuat dari pualam itu, adalah makam Nahrasiyah,seorang Ratu, putri dari Sultan Zain al-Abidin. Ia memerintah lebih dari 20 tahun.






3. Makam Maulana Malik Ibrahim Gresik, Jatim Abad 15 M 

Setelah selesai membangun dan menata pondokan tempat belajar agama di Leran, Syeh Maulana Malik Ibrahim wafat tahun 1419. Makamnya kini terdapat di desa Gapura, Gresik, Jawa Timur. Inskripsi dalam bahasa Arab yang tertulis pada makamnya adalah sebagai berikut: "Ini adalah makam almarhum seorang yang dapat diharapkan mendapat pengampunan Allah dan yang mengharapkan kepada rahmat Tuhannya Yang Maha Luhur, guru para pangeran dan sebagai tongkat sekalian para sultan dan wazir, siraman bagi kaum fakir dan miskin. Yang berbahagia dan syahid penguasa dan urusan agama: Malik Ibrahim yang terkenal dengan kebaikannya. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan ridha-Nya dan semoga menempatkannya di surga. Ia wafat pada hari Senin 12 Rabi'ul Awwal 822 Hijriah".


4. Makam S. Giri Gresik, Jatim Abad 15 M 

Sunan Giri adalah nama salah seorang Walisongo dan pendiri kerajaan Giri Kedaton, yang berkedudukan di daerah Gresik, Jawa Timur. Ia lahir di Blambangan tahun 1442. Sunan Giri memiliki beberapa nama panggilan, yaitu Raden Paku, Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden 'Ainul Yaqin dan Joko Samudra. Ia dimakamkan di desa Giri, Kebomas, Gresik.



5. Makam S. Gunung Jati Cirebon, Jabar Abad 15 M Cirebon
Bangunan makam Sunan Gunung Jati memiliki gaya arsitektur yang unik, yaitu kombinasi  gaya arsitektur Jawa, Arab, dan Cina. Arsitektur Jawa terdapat pada atap  bangunan yang berbentuk limasan. Arsitektur Cina tampak pada desain interior dinding  makam yang penuh dengan hiasan keramik dan porselin. Selain  menempel pada dinding makam, benda-benda antik tersebut juga terpajang di  sepanjang jalan makam.  Sedangkan arsitektur  Timur Tengah terletak pada hiasan kaligrafi yang terukir indah pada dinding  dan bangunan makam itu


6. Makam S. Kudus dan S. Muria Kudus, Jateng Abad 15 M  
7. Makan Sunan Kalijaga Demak, Jateng Abad 15 M Demak 
8. Makan raja-raja Banten Banten Abad 15 M Banten 
9. Makam raja-raja Mataram Imogiri Abad 16 M Mataram 
10. Makam raja-raja Mangkunegaran Astana Giri Abad 16 M Mataram 
11. Makam raja-raja Gowa Katangga Abad 16 M Gowa


About Elsya Vera Indraswari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top