Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 24 Maret 2023



Pesantren Seni dan Kaligrafi Al Quran (PSKQ) Modern di Gang 3 Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kudus, terkenal sebagai pesantren Kaligrafi dan pelopor seni kaligrafi terapan di Indonesia. Di ponpes ini setiap tahun rutin menggelar ngaji pasaran kaligrafi Ramadan.

Pendiri PSKQ Modern Ustaz H.Muhammad Assiry menjelaskan peserta ngaji pasaran tahun ini sebanyak 40 santri baik putra maupun putri. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa dari Mancanegara. Selain ngaji kitab salaf/kuning, mereka dari tanggal 1 hingga 26 Ramadan mendapat materi ngaji kaligrafi secara profesional.

Pasaran kaligrafi Ramadan tahun ini, lanjut Ustaz Assiry, dimulai dari ngaji kaligrafi, seni, arsitektur, kitab kuning, bedah ilmu Alquran dan kemandirian ekonomi kreatif. Mulai materi kaligrafi klasik maupun modern, entrepreneur, dan juga arsitektur Islam. Itulah salah satu pendidikan Kudus yang terkenal di Indonesia. Itu juga sebagai alasan mengapa Kudus menjadi pusat wisata dan pendidikan kaligrafi berskala nasional dan Internasional.

Program pasaran kaligrafi Ramadan ini gratis dan dibuka sejak tahun 2003. PSKQ sengaja menggratiskan program tersebut. Tujuannya sebagai wadah bersedekah ilmu. Sedangkan kebutuhan pribadi makan dan peralatan belajar, cat, kanvas, buku panduan dan lainnya, bisa dibeli di PSKQ Shop.
Kegiatan pada kelas pasaran ini ada kelas mengaji, kaligrafi, melukis, belajar multimedia, dan entrepreneurship. Kelas materi malam dimulai pukul 21.00 WIB hingga 02.00 WIB.

Untuk kegiatan kelas pagi adalah penerapan seni rupa terapan, jadi santri diajarkan untuk membuat langsung/praktik kaligrafi terapan seperti melukis dan berkarya seni dengan berbagai media. Lalu pada kelas sore, santri bisa menyetorkan karyanya untuk dievaluasi berbagai macam khat. Untuk kelas malam diisi penuh oleh para Pengajar dengan berbagai disiplin ilmu seni juga diisi materi khath klasik dan modern oleh Pengasuh PSKQ Ustaz H. Muhammad Assiry.

Santri dari kalangan ekonomi lemah maupun berada dari daerah manapun bisa mengikuti kegiatan ini, karena selain gratis, para santri mendapatkan banyak ilmu, wawasan ilmu kesenian, ilmukaligrafi digital/multimedia dan entrepreneurship hingga tuntas.
_______
Saksikan live streaming setiap malam sehabis tarawih hingga menjelang sahur dengan materi-materi yang keren dan para Pengajar yang kompeten di bidangnya.
________
info lebih lanjut dapat mengunjungi :

About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top