Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9


PSKQ Modern, 01 November 2018


Nampak santri PSKQ Modern sedang menggores kaligrafi dengan khusyu' dan tenang, menyatu dengan alam

Makna seni kaligrafi Islam atau disebut juga seni khat ialah “seni
(kemahiran) menulis tulisan Arab atau tulisan Jawi dengan gaya khas atau unik sehingga
menghasilkan tulisan indah” (E. Van Donzel, 1978: 113).

Kaligrafi tak hanya dianggap sebagai seni Islam yang tertinggi, tapi disisi lain, ternyata memang kaligrafi punya banyak sisi positif. Diantaranya yaitu:

1. Kaligrafi adalah salah satu media ekspresi dan aktualisasi diri. Hal itu dibuktikan oleh beberapa pelukis papan atas Indonesia seperti: H. Didin Sirojuddin AR, Muhammad Assiry, Ahmad Sadali, A. D. Pirous, Amri Yahya, Amang Rahman, , Abay D. Sabarna, Saiful Adnan, Abas Alibasyah, Fadjar Sidik, dan yang lainnya, termasuk maestro seni lukis Indonesia Affandi pernah juga membuat kaligrafi Islam. Walau itu adalah lafadz “Allah” yang ditempatkan di sisi atas bidang kanvasnya digabungkan dengan lukisan potret diri Affandi yang khas.

2. Bagi kaligrafer sendiri, membuat kaligrafi dapat membuat mereka memperoleh manfaat batiniah dan lahiriah ketika menguasai keterampilan menulis halus Arab ini. Selain menyajikan keindahan tulisan dan kedalaman makna dari pesan teks, kaligrafi juga bisa dijadikan media komunikasi dengan Sang Khalik. Lewat tulisan halus ini, seorang muslim dapat semakin mendekatkan diri pada Tuhan.

3. Kaligrafi dapat membuat diri kita tenang. Beberapa kaligrafer mengakui merasa tenang saat sedang menulis kaligrafi. Dalam sehari, bahkan ada kaligrafi yang menghabiskan waktu lima jam untuk mengutak-atik huruf-huruf indah tersebut.

4. Kaligrafi merupakan sarana mencari rezeki, mengingat bahwa ia adalah seni yang berbobot nilai tinggi dengan kedudukan puncak yang pernah dicapai para ahlinya (seperti jabatan Perdana Menteri). Bagi seorang fakir, kaligrafi adalah uang, bagi seorang hartawan, ia adalah keindahan.


About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top