Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

Ikuti Lomba Kaligrafi Tingkat Nasional 2017, Ini Persiapan Santri PSKQ Modern Kudus
Kudus, isknew.com – Sejumlah kaligrafer top dari berbagai daerah di Indonesia akan berkumpul dan berkompetisi pada Lomba Kaligrafi Tingkat Nasional 2017 yang akan berlangsung pada Ahad, (9/7/17) di Gedung Haji Jl.Pati – Kudus KM.4 Kabupaten Pati.

Mereka akan menampilkan karya terbaiknya untuk memenangkan juara 1 tiket perjalanan Umroh Gratis. Sementara 10 nominasi terbaik termasuk juara 1, 2, 3 dan Harapan 1, 2, 3 akan dipamerkan pada saat Workshop Kaligrafi/Tehzib Nasional Tahun 2017.

Miftahul Huda, panitia penyelenggara saat dihubungi isknews.com (7/7) mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Persaudaraan Qori’ Qori’ah Hafidz Hafidzoh (IPQOH) Kabupaten Pati ini berkomitmen menjadikan kaligrafi sebagai salah satu diantara budaya Islam yang harus dikembangkan dan dilestarikan.

Sementara sejumlah santri PSKQ modern Kudus yang berjumlah 6 delegasi sudah menyiapakan jauh-jauh hari. Seperti saat ditemui isknews.com di sanggar seni nya beberapa waktu lalu, Terlihat beberapa santri dan pengajar dari Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi Al-Qur’an (PSKQ) Modern ini menulis huruf demi huruf dan mempercantik goresan kaligrafi yang bergaya Khot Tsulus Jali.

Muhammad Assiry, Pimpinan Pondok Pesantren Seni Rupa & Kaligrafi Al-Qur’an (PSKQ) kepada isknews.com menjelaskan, dinamakan kaligrafi khat tsuluts karena ditulis dengan kalam yang ujung pelatuknya dipotong dengan ukuran sepertiga (tsuluts) goresan kalam. Ada pula yang menamakannya khat Arab karena gaya ini merupakan sumber pokok aneka ragam kaligrafi Arab yang banyak jumlahnya setelah khat Kufi. Untuk menulis dengan khat tsuluts, pelatuk kalam dipotong dengan kemiringan kira-kira setengah lebar pelatuk. 

Ditambahkan Assiry, Sementara jali artinya wadih (jelas). Kejelasan dalam hal ini terletak pada lebar anatomi hurufnya yang lebih dominan daripada jaraknya, dibandingkan dengan jarak yang lebih dominan daripada lebar anatomi hurufnya dalam Tsuluts ‘Adi. “Dengan demikian, dalam Tsuluts Jali akan tampak dengan jelas komposisi huruf yang bertumpuk memadati ruang media yang ditulis. Khat ini banyak digunakan untuk menulis judul-judul dan media seni yang permanen.” jelasnya

Lebih lanjut, PSKQ Modern turut berpartisipasi dengan mengirimkan karya para santri dan pengajar dalam perhelatan lomba kaligrafi nasional yang diselenggarakan PUSAKA Pati binaan IPQOH dan Workshop Tezhib.

Assiry mengatakan, “saya sebagai pelayan di PSKQ Modern hanya bisa menemani siang malam setiap hari, ikut meracik, meramu, merangsang imajinasi dan menambahi bumbu maupun garam serta terus menguatkan semangatnya. Sedangkan para santri PSKQ Modern berusaha semaksimal mungkin dengan penuh cinta mengolah menu tersebut dari proses memasak hingga siap dihidangkan dan disantap.” ungkapnya

Diantara santri kami yang ikut meramaikan ajang lomba kaligrafi kategori Tsulust Jali tersebut adalah
1. Nukman dari Aceh santri PSKQ angkatan 2010 dan team pengajar PSKQ.
Pernah juara kaligrafi internasionl di malaysia tahun 2012, 2013, 2014.
2. Muallimin dari Demak Santri pskq angkatan 2011 team pengajar PSKQ.
Juara 1 Kaligrafi jateng, jabar, Banten.
3. Hasan Basri Palembang Santri PSKQ angkatan 2014 team pengajar PSKQ
Juara 1 nasional kaligrafi mushaf di UIN Malik Ibrahim 2015 dan 2016.
4. Syarwani dari kalteng santri PSKQ angkatan 2015 team pengajar PSKQ.
Juara 1 prop kalteng 2015, 2016, 2017,
5. Muhammad Rifqi Jambi santri PSKQ angktan 2015 team pengajar PSKQ
Juara kab jambi 2016, 2017
6. Muhammad Arsyad Kaltim santri PSKQ angkatan 2016.
Juara harapan 1 sayembara kaligrafi mushaf tingkt nasional harlah Pskq modern 2017.

Lebih lanjut Assiry mengatakan, “Hasil tidak akan jauh dari proses. Semoga proses yang menguras waktu, fikiran, tenaga dan seluruh yang tersedekahkan akan berbalas dengan hasil yang indah dan menggembirakan untuk santri Jami PSKQ modern Kudus. Amiiin.” harapnya (AJ)

About Muhammad Assiry

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top