Slider[Style1]

PSKQ dalam Liputan

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Style6

Style7

Style8

Style9

PSKQ Modern, 30 November 2016


Zao Wou-Ki (1 Februari - 9 April 2013) adalah seorang pelukis abstrak Cina-Perancis. Beliau adalah anggota dari Académie des Beaux-Arts di Paris. Zao Wou-Ki lahir di Peking pada 1 Februari 1920. Beberapa bulan kemudian, keluarganya pergi untuk tinggal di Shanghai. Ketika beliau pindah ke Perancis, namanya berubah dari T'chao Wou-Ki menjadi Zao Wou-Ki, dan Wou-Ki menjadi nama kecilnya.

Lukisan karya Zao dipengaruhi oleh Paul Klee, yang berorientasi pada lukisan abstrak. karya-karyanya bergaya abstrak ekspresionis yang dipengaruhi oleh gaya impresionisme saat beliau berkunjung ke New York. Selain itu, karya beliau juga dipengaruhi oleh karya-karya Matisse, Picasso, dan Cezanne.

Pertemuannya dengan Henri Michaux mendorongnya untuk mempelajari teknik tinta India yang berbasis pada gambar tradisional Cina. Zao dianggap telah menjadi salah satu pelukis Cina yang paling sukses selama hidupnya. Rekor lelang lukisannya mencapai RMB 89.680.000 (14.718.771 USD) yang terjual di Sotheby, Beijing, pada 1 Desember 2003. Mantan Presiden Perancis Jacques Chirac juga memiliki karya Zao Wou-Ki.


Pada akhir hayatnya, beliau berhenti memproduksi lukisan baru karena masalah kesehatan. Beliau meninggal pada 9 April 2013 di Nyon, Swiss, namun pemakamannya dilakukan di pemakaman Montparnasse di Paris.


Yayasan Ishibashi membayar royalti kepada Zao Wou-Ki dengan mendedikasikan ruang khusus untuk memajang karya beliau di Bridgestone Museum of Art di Tokyo. Dua buku yang diterbitkan ulang dalam versi direvisi dan diperbarui yakni: Zao Wou-Ki oleh Pierre Daix di Edisi Ides et Calendes di Lausanne dan Zao Wou-Ki: Couleurs et mots, serangkaian wawancara yang diterbitkan oleh Cherche Midi di Paris. Kota Locarno di Swiss juga mengadakan pameran karya pertama beliau untuk menghormati beliau. Koleksi karyanya juga diwariskan ke Locarno oleh Nesto Jacometti, seorang agen seni dan penerbit di Swiss dimana telah berkolaborasi dengan beliau sejak tahun 1950 hingga tahun 1965.

Berikut ini adalah karya-karya beliau:






















              ZAO WOU-KI Wikipedia
              FACEBOOK Natella Kaczynska




About Assiry Art

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di Pesantren Seni Kaligrafi Al Quran, silahkan meninggalkan pesan, terima kasih


Top